Ahok dan Raja Salman Bersalaman, Ini Dia Peta Saling Serang Netizen

Ahok dan Raja Salman Bersalaman, Ini Dia Peta Saling Serang Netizen

Foto: Istimewa

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama tampak ikut mendampingi Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Raja Salman pada Rabu (1/3) kemarin. Kehadiran Gubernur DKI yang akrab dipanggil Ahok ini sebenarnya hal biasa dalam protokol penerimaan tamu negara.

Namun foto Ahok bersalaman dengan Raja Salman viral di media sosial, utamanya twitter sejak Rabu (1/3) kemarin. Bahkan sehari setelah penyambutan kedatangan Raja Salman, foto tersebut masih menjadi bagian dari ramainya kicauan netizen.

Pantauan redaksi eveline pada periode 1-2 Maret 2017, sebanyak 12.286 tweet dikicaukan netizen Indonesia berkaitan dengan salaman Ahok dan Raja Salman. Kicauan makin ramai dikarenakan netizen terbagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama adalah akun-akun netizen yang selama ini kerap berseberangan dengan Ahok. Sementara kelompok kedua adalah akun-akun yang selama ini dikenal membela Gubernur DKI Jakarta ini.

Pro-Kontra Netizen Saat Ahok Bersalaman Dengan Raja Salman

Menurut Noviadi, peneliti dan analis Evello, Jika diperhatikan, akun-akun utama yang terlibat dalam kicauan di pro-kontra Ahok bersalaman dengan Raja Salman tidak ada yang baru sama sekali.

“Semua akun yang terlibat saling serang adalah kelompok-kelompok yang selama ini berseberangan soal Ahok dalam isu apapun. Hanya saja kali ini terjadi pergeseran isu soal kedatangan Raja Salman”, terang Noviadi.

Noviadi juga menegaskan bahwa terdapat dua akun utama yang menjadi jembatan antara kubu kontra Ahok dengan kubu pendukung Ahok. Kedua akun tersebut adalah @Jonru dan @RestySeterah. Jika diperhatikan kedua akun tersebut sangat aktif mempertanyakan sikap pendukung Ahok yang selama ini disebut anti Arab.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend