Akhirnya Emoji Hijab Diluncurkan Oleh Apple

Akhirnya Emoji Hijab Diluncurkan Oleh Apple

Foto: Ilustrasi

Peringatan hari emoji sedunia yang jatuh pada Senin (17/7) lalu terasa istimewa. Pasalnya Emoji wanita berhijab resmi diluncurkan. Emoji ini menjadi salah satu koleksi karakter emoji baru yang tersedia di perangkat Apple yang dapat digunakan pada akhir tahun ini.

Rayouf Alhumedhi, gadis Saudi berusia 16 tahun, berada di balik rancangan emoji hijab ini. Tahun lalu, ia mengajukan gagasan emoji tersebut kepada The Unicode Consortium, perusahaan nirlaba yang mengulas dan mengembangkan emoji baru dan tanpa ia sangka perusahaan Apple menerimanya.

“Saya sangat senang dengan tampilannya. Saya melihat begitu banyak ide, warna, dan gaya yang berbeda, tapi saya tidak tahu seperti apa akhirnya,” kata Alhumedhi kepada CNN, Selasa (18/7).

Alhumedhi melihat emoji baru ini untuk pertama kalinya pada Senin (17/7), malam. Saat itu ia mendapat pesan dari seorang teman yang membagi informasi tersebut dari artikel BuzzFeed.

Dia mengaku pertama kali memiliki gagasan untuk membuat emoji hijab saat berada di kamar tidurnya di Berlin. Di Berlin, dia tinggal bersama keluarganya selama lima tahun setelah pindah dari Arab Saudi.

“Teman-teman saya dan saya sedang membuat obrolan berkelompok di WhatsApp. Dan saya jelas tidak punya emoji untuk mewakili diri saya,” kata Alhumedhi.

“Fakta bahwa tidak ada emoji yang mewakili saya dan jutaan wanita berhijab lainnya di seluruh dunia, tentu membingungkan saya. Saya benar-benar tidak memiliki gagasan awal, saya hanya menginginkannya tersedia dengan warna kulit berbeda-beda, karena jutaan wanita dari berbagai ras mengenakannya,” kata dia.

Keluarnya emoji hijab memang mendapatkan tanggapan beragam netizen dunia. Meskipun mendapat dukungan yang luas, tidak sedikit netizen yang menyatakan penolakannya terhadap emoji hijab.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend