Aksi Begal, Pengguna Medsos: Bogor Relatif Paling Aman

Kembali terulang, aksi begal yang yang dilakukan di Depan Swalayan Naga Ciracas Jakarta Timur menelan korban jiwa. Adalah Mamat Surahmat, seorang juragan beras yang sedang membawa uang senilai 500 juta tanpa adanya pengawalan. Korban akhirnya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit setelah mendapatkan pertolongan dari warga.

Kejadian tersebut sontak mengagetkan banyak pihak, termasuk pengguna media sosial twitter. Pada hari kejadian, tercatat dalam pantauan eveline, terdapat 34.889 tweet yang berkicau tentang meninggalnya Mamat Surahmat oleh aksi begal. Meskipun tidak banyak, fokus kicauan netizen banyak pada seputar penggunan senjata api yang dipakai oleh kawanan begal. Sementara itu, 1.086 tweet juga berkicau agar polisi segera menemukan pelaku dan menghukum seberat-beratnya.

Sampai dengan berita ini diturunkan, pembicaraan tentang begal masih cukup tinggi. Sampai dengan 23 Maret 2015, pembicaraan aksi begal di Ciracas Jakarta Timur mencapai 21.008 kicauan. Kicauan pada tanggal 23 Maret 2015 banyak didominasi oleh kegeraman untuk menangkap pelaku begal.

Lokasi Begal

Prosentasi Lokasi Yang Dianggap Paling Sering terjadi Pembegalan Berdasarkan Pembicaraan di Media Sosial Twitter

 

Selain soal terjadinya aksi begal di Ciracas Jakarta Timur, Pantauan eveline selama sebulan terakhir memperlihatkan adanya pembicaraan tentang rasa tidak aman warga terhadap aksi begal. Pembicaraan tentang Bogor sebagai tempat aksi begal menampati urutan paling kecil, yaitu 9% dari seluruh pembicaraan. Daerah yang dianggap tidak aman dan sering terjadi aksi begal menurut pengguna medsos twitter adalah Depok. Sebanyak 23.504 tweet berkicau depok tidak aman dan merupakan lokasi pembegalan sering terjadi. Disusul pada urutan kedua adalah DKI Jakarta. Pengguna Medsos merasa Jakarta adalah lokasi yang tidak aman dan rawan aksi begal. Total pembicaraan mengenai tempat-tempat terjadinya aksi begal selama sebulan terakhir mencapai 71.340 tweet. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend