Aksi Walkout PAN Saat Paripurna RUU Pemilu Banjir Pujian Netizen

Aksi Walkout PAN Saat Paripurna RUU Pemilu Banjir Pujian Netizen

Foto: Istimewa

Rapat paripurna akhirnya memutuskan Rancangan Undang-undang Penyelenggaraan Pemilu menjadi UU Pemilu setelah melalui lobi selama sembilan jam. Keputusan diawali dengan sikap walkout empat fraksi yaitu Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS karena tidak sepakat opsi voting untuk isu ambang batas presiden.

Akibat keputusan tersebut, sejumlah politisi partai koalisi pemerintah mengkritik sikap Partai Amanat Nasional (PAN). Mereka meminta agar PAN mengambil sikap tegas dengan hengkang dari bagian koalisi pemerintah.

Partai Nasdem meminta Partai Amanat Nasional (PAN) angkat kaki dari koalisi pendukung pemerintah agar tidak menimbulkan kekisruhan lebih jauh. Terkait sikap Fraksi PAN yang meninggalkan rapat paripurna pengesahan RUU Pemilu.

“Kami pada hari ini telah melihat sebuah fakta politis bahwa PAN tidak sejalan dengan koalisi. Karena itulah kami meminta agar ada sikap yang tegas terhadap sikap PAN,” jelas politisi Nasdem Teuku Taufiqulhadi di Gedung DPR, Jakarta (Jumat, 21/7).

Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira menegaskan, Partai Amanat Nasional (PAN) sudah tidak lagi berada dalam koalisi pemerintahan Jokowi-JK.

Hal ini menyusul sikap walk out PAN saat pembahasan Undang-Undang Pemilu dalam rapat paripurna pada Kamis (20/7) dini hari.

“Dengan sikap PAN yang tidak sejalan dengan usulan pemerintah, sebenarnya secara materil PAN sudah tidak ada dalam kerja sama partai-partai pendukung pemerintah,” kata Andreas saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/7).

Meskipun mendapatkan kritik keras dari sejumlah politisi, berbeda halnya dengan tanggapan netizen di linimasa twitter. Netizen ramai memuji sikap PAN yang dianggap berani berseberangan dengan sikap politik pemerintah. Salah satunya datang dari pengamat politik, Hanta Yuda.

Pendapat serupa juga disampaikan netizen lainnya, yang menyebutkan bahwa sikap PAN merupakan bentuk keberanian. Menurutnya, keputusan tersebut diambil oleh PAN tanpa takut bahwa jatah menterinya tergeser.

Sementara akun pemantau media dan media sosial, @evellocorp menyebutkan partai-partai yang menyatakan walkout mendapatkan porsi perhatian terbanyak dari netizen. Pada laman twitter mereka, @evellocorp menyebutkan bahwa keramaian netizen terjadi paska Walkout dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend