Analisa Twitter: Pendukung Ahok Agresif, Pendukung Anies Bertahan

Pandji Pragiwaksono Jadi Jubir Pasangan Anies- Sandiaga, Netizen: Pilgub Makin Seru

Foto: Istimewa

Pertarungan putaran kedua pilkada DKI mulai ramai di lingkungan netizen. Hal ini terpantau dari lingkaran perbincangan netizen tentang calon gubernur penantang petahana, Anies Baswedan. Melalui analisa terhadap akun @aniesbaswedan, terlihat mantan Menteri Pendidikan di kelilingi oleh akun-akun militan pendukung Basuki Tjahaja Purnama.

Analis dan peneliti evello, Suherlan menyebutkan bahwa isu DP 0% dan penghentian reklamasi menjadi dua topik yang paling ramai. “Anies-Sandi memang diketahui memiliki program yang berseberangan dengan program-program Ahok-Djarot, wajar kalau saling serang terjadi” ucap Suherlan.

Meskipun saling serang terjadi, akun-akun pendukung pasangan petahana jauh lebih agresif dibandingkan dengan akun-akun pendukung Anies-Sandi. Suherlan menyebutkan wajar jika pendukung Ahok-Djarot lebih agresif, mengingat program-program Anies-Sandi memungkinkan merebut pendukung Agus-Sylvi yang kontra petahana.

Pantauan dan analisa twitter selama periode 27-28 Februari 2017 menguatkan keyakinan tersebut. Melalui sistem pemantauan evello terlihat akun twitter @aniesbaswedan terlihat dikelilingi oleh akun-akun pendukung petahana.

Grafik Jaringan akun @aniesbaswedan dikelilingi akun-akun pendukung petahana

Pada grafik terlihat bahwa @aniesbaswedan dalam posisi “dikepung” oleh akun-akun pendukung pasangan petahana. Hanya ada dua akun pendukung yang terlihat dalam posisi berdekatan dengan akun @aniesbaswedan, yaitu @prabowo dan @pandji.

Akun @pandji memang diketahui milik aktor dan komedian Pandji Pragiwaksono yang sejak awal mendukung pasangan Ahok-Djarot. Pandji Pragiwaksono melalui akun twitternya terlihat sangat aktif membantu menyebarkan dan mensosialisasikan program-program Anies-Sandi.

“Pandji sukses sebagai seorang buzzer” terang Suherlan. “Ibarat teman sejati, Pandji tidak meninggalkan Anies Baswedan seorang diri disaat sedang ramai dikelilingi oleh pendukung lawan” tutup analis evello ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*