Terminal 2 Bandara Soetta Terbakar, Pengguna Medsos Ramai Berkomentar

Kebakaran terjadi di Terminal 2E Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang pada Minggu pagi (5/7/2015). Api menjalar dari terminal keberangkatan, tepatnya di JW Sky Lounge yang berada di Terminal 2E pada pukul 06.00 WIB. Sejumlah netizen melaporkan peristiwa kebakaran ini kepada akun twitter @TMCPolda Metro.

Kepala Kepolisian Resor Bandar Udara Soekarno-Hatta Komisaris Besar C.H. Pattopoi mengatakan penyebab kebakaran di JW Sky Lounge di Terminal 2E Soekarno Hatta diduga arus pendek listrik pada oven restoran dan ruang tunggu pesawat tersebut. Pattopoi mengatakan dugaan korsleting terjadi pada oven penghangat makanan di lounge tersebut muncul setelah polisi melakukan pemeriksaan menyeluruh di lokasi kebakaran.

Akibat terbakarnya JW Sky Lounge di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta, berdampak penundaan pada beberapa maskapai penerbangan, setidaknya Lion air dan Garuda Indonesia yang terkena imbas dari kebakaran ini. Khusus untuk maskapai Garuda Indonesia setidaknya ada 160 penerbangan yang berpotensi telat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengatakan pihaknya telah melakukan langkah darurat dalam menangani dampak kebakaran JW Sky Lounge di Terminal 2E Bandar Udara Soekarno Hatta tadi pagi. Kebakaran ini mengganggu kegiatan operasional Bandara Soekarno-Hatta karena sistem check-in penumpang di Terminal 2E dan 2F terganggu, Penumpang Garuda melakukan check-in di Terminal 2F, sedangkan penumpang rute internasional di 2D.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia terhadap kebakaran yang melanda Bandara Internasioanl Sekarno Hatta ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 5 Juli 2015 hingga pukul 17.00 WIB. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 8.416 tweet membicarakan kebakaran yang terjadi di Bandara Soetta.

Lewat 4.792 tweet, netizen menyebut lokasi kebakaran berada di Termnal 2E Bandara Soetta. Netizen juga menyoroti kebakaran yang terjadi di JW Sky Lounge ini tidak menelan korban jiwa. Sebanyak 143 tweet mengatakan hal ini.

Sementara itu, sebanyak 1.118 tweet memperbincangkan penyebab kebakaran. Yang menurut keterangan dari kepolisian kebakaran terjadi akibat konsleting pada alat pemanas makanan di sekitar Lounge. Akibat kebakaran ini, sebanyak 50 penerbangan domestik dan 6 penerbangan internasional Garuda Indonesia tertunda, hal ini dinyatakan netizen sebanyak 1.320 tweet.

Lewat 1.587 tweet, netizen juga menyebut akibat penundaan penerbangan Garuda Indonesia mempbuat penumpukan di terminal 2.  Selain itu,  sebanyak 383 tweet di cuitkan netizen indonesia mempertanyakan bagaimana kebakaran bisa terjadi di Bandara Internasional Soekarno Hatta ke Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend