Batal Laporkan FPI Ke Polisi, Partai Hanura Dikritik Netizen

FPI

(Sumber Foto: jateng.tribunnews.com / www.satuharapan.com)

Pernyataan kasar yang dilontarkan Ketua FPI Habib Rizieq ketika berorasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) pada Senin, (4/4/20160 lalu, sontak membuat kader Partai Hanura geram.  Rizieq selaku pemuka agama Islam, ucapannya dinilai telah melecehkan Hanura.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang VI Hanura, Didi Apriadi, menilai sikap Rizieq telah menghina, menebar kebencian serta melecehkan Wiranto. Sehingga sebagai pemuka agama Islam, pernyataan Rizieq dianggap tidak pantas “Tidak pantas seorang habib menyerukan hal-hal yang tidak islami bertentangan dengan islam. Menghujat orang lain tidak pada tempatnya,” kata Didi di Kantor DPP Hanura, Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

Didi menjelaskan, Partai Hanura sebenarnya sempat menyambangi Polda Metro dan Mabes Polri pada Selasa kemarin. Kader Hanura ingin melaporkan Rizieq atas aduan pencemaran nama baik dan pelecehan. Namun, sikap itu urung dilakukan lantaran mendapat larangan dari Wiranto.

“Namun ada imbauan dari Ketua Umum Hanura (Wiranto) untuk memaafkan habib. Namanya menjelekkan dengan melawan tidak baik juga, tapi beliau sangat bijaksana untuk mengimbau kami agar tidak melaporkan,” ujar  Didi.

Kendati demikian, kader Partai Hanura mendesak Rizieq meminta maaf kepada Wiranto maupun publik. Tidak hanya itu, Rizieq juga diminta untuk tidak mengulangi kembali sikap menghina dan melecehkan orang lain. “Jangan ulangi lagi lah, masa tokoh agama bersikap seperti itu,” tambahnya.

Pantauan redaksi eveline periode 6 April 2016 pada media sosial twitter, mendapati netizen berkicau mengenai  Hanura batal laporkan FPI ke polisi. Tercatat sebanyak 1.663 tweet dilontarkan netizen di twitter. Berikut ragam komentar netizen terpantau tim redaksi eveline.

Seorang netizen nampak menyebut Hanura adalah pemrakarsa terbentuknya FPI,”Dukung Hanura laporkan FPI ke polisi. Tapi tanyakan juga ke Hanura siapa yang membentuk pam swakarsa 1998 yang merupakan cikal bakal FPI”. Dikicaukan akun @iamcandri.

Demikian kicau netizen lain dengan akun @ArisKarisma, yang mengibaratkan Partai Hanura sebagai majikan sedang FPI adalah anak macan yang membesar dan menerkam balik, “Hanura ingin bubarkan FPI. Kok jadi ngakak baca judul beritanya ya 🙂 Semacam majikan yg marah sama anak macan yg membesar & menerkam balik”.  Selanjutnya seorang netizen lagi  nampak mengicaukan, bahwa Pak Wiranto adalah sahabat FPI, “Ternyata Pak @wiranto1947 memang sahabat FPI. Orde blm berubah 🙂 –“, tulis @EL_Atheos.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, orasi Habib Rizieq di depan gedung KPK, telah memplesetkan nama Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menjadi Wiranti, dan menyebutnya sebagai penjilat. Pernyataan Riziq dalam orasi itu dinilai terkait dengan dukungan Hanura pada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dalam Pilkada DKI 2017. Dalam orasi itu, Habib Rizieq juga menyampaikan beberapa pernyataan berkonten unsur tindak pidana umum seperti menyebut Pancasila sudah tidak pada dasarnya melainkan lebih pada konten ‘Pancagila’.

2 thoughts on “Batal Laporkan FPI Ke Polisi, Partai Hanura Dikritik Netizen

  1. muherman harun

    Muherman Harun · Universitas Indonesia, Jakarta
    Penghinaan pribadi bisa diabaikan atas keinginan pribadi sendiri. Tetapi penghinaan dasar Negara PANCASILA merupakan penghinaan terhadap bangsa dan negara R.I.
    Intoleransi dan masalah SARA sesuai instruksi Presiden Joko Widodo perlu ditindak tegas oleh Polri. FPI telah melakukan kejahatan tersebut. Ideologi FPI sejalan dengan AL QAEDA dan ISIS. Tidak mustahil kalau pengikut ISIS berlindung di belakang FPI.
    Yang perlu bertindak: Mendagri, Menkumham, Polri, BIN dan AHOK secara proaktif, mencegah teror melibas Indonesia. Semua WNI yang pendukung ISIS-AL QAEDA apalagi yang melecehkan PANCASILA, patut dicabut kewarganegaraannya.

    Reply
  2. Budi Sukarna

    Pak Habib Rizieq hanya meluruskan sejarah lahirnya Pancasila yg disepakati para pendiri NKRI bahkan dipelopori Soekarno yaitu sesuai dg Pembukaan UUD 1945 , bukan 1 Juni. Jangan asal fitnah ke Pak Habib Rizieq.. kualat nanti..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend