Beredar Petisi Penolakan Pementasan Girl Band Korea Saat HUT RI

Dirgahayu Republik Indonesia, Hashtag #RI71 Jadi Top Trending Topic

Foto: Ilustrasi

Penolakan terhadap rencana pementasan Girl Band asal Korea, SNSD tidak saja ramai di media sosial, melainkan juga melahirkan petisi. Petisi pada laman change.org dimulai oleh Maimon Herawati telah memperoleh 11.226 pendukung dari yang direncanakan 15.000 penandatangan.

Petisi ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI.

Dalam laman change.org, Maimon Herawati menuliskan Tiga minggu lagi, kita akan merayakan kemerdekaan Indonesia ke-72. Berlandaskan Pancasila. Berdasarkan pada UUD45. Pemerintah merencana mengundang grup penyanyi seksi asal Korea, SNSD tampil dalam syukuran kemerdekaan.

Kira-kira nilai luhur mana yang mau diadopsi dari grup musik seksi seperti Girl Generation/SNSD dari Korea ini? 

Grup penyanyi seksi seperti ini menunjukkan budaya objektifikasi perempuan. Nilai hedonisme. Gerakan tari yang kadang mirip pornoaksi di atas panggung.

Ini revolusi mental itu? Aku Indonesia, aku Pancasila, maka aku mengundang grup penyanyi perempuan seksi sebagai bagian dari syukuran kemerdekaan? Teladan seperti apa yang hendak disampaikan pada generasi penerus bangsa Pancasilais ini?

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf membantah, pemerintah mengundang girlband SNSD dalam rangka memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Triawan membenarkan rencananya untuk mendatangkan artis Asia terkemuka. Namun itu bukan termasuk dalam acara HUT RI, melainkan Countdown to Asian Games 2018, atau hitung mundur satu tahun menuju salah satu even besar di Asia tersebut.

D iantara yang tengah dalam negosiasi untuk dihadirkan dalam acara tersebut adalah artis dari Korea, yakni SNSD/Girls Generation. Itu pun, tidak semua personel girlband tersebut diundang, melainkan hanya beberapa orang saja.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend