Bus Damri Diisi Penceramah, Ulil: “Bosen Naik Bis Diceramahin”

Bus Damri Diisi Penceramah, @ulil: "Bosen Naik Bis Diceramahin"

Foto: Istimewa

Pengguna media sosial twitter cukup dikejutkan oleh ramainya perbincangan tentang Bus Damri. Kata kunci Damri bahkan menjadi trending topic Indonesia selama kurang lebih 4 jam hingga berita ini diturunkan. Tingginya perbincangan netizen tidak lepas dari program pemerintah kota Bandung.

Seperti diketahui, pemerintah kota Bandung akan menggalakkan gerakan dakwah dalam bus kota. Gerakan ini direncanakan akan resmi diluncurkan mulai tanggal 2 Oktober 2016 mendatang. Menurut pemkota Bandung, gerakan ini sebagai lanjutan dari gerakan Magrib Mengaji yang telah lebih dulu dijalankan.

“Bus kota yang akan di isi oleh pendakwah hanya bus Damri saja. Materi yang nantinya diberikan lebih ke akhlaqul karimah, muamalah dan lain sebagainya,” kata Latief melalui siaran pers, Jumat (12/8/2016).

Dia menambahkan, gerakan dakwah dalam bus bertujuan untuk membina mental masyarakat dan menambah wawasan keagamaan.

Meskipun program tersebut cukup bagus, tidak semua netizen menyatakan dukungannya. Banyak netizen berkicau menyatakan keberatan dan bahkan penolakannya terhadap rencana tersebut.

“Peluang bisnis mas… menyewakan headset di bus Damri,pasti laku :)” ungkap akun @segopecels dengan nada satir melalui akun twitternya.

Netizen lainnya bahkan menyindir sebaiknya program tersebut juga diterapkan pada bus Sumber Kencono. “Sebaiknya program ceramah agama dalam bus, tidak hanya di Damri tapi diterapkan dalam bus ‘ Sumber Kencono ‘” kicau akun @imanbr.

Aktivisi Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla juga menyatakan keberatannya atas program ceramah di atas bus Damri. Ulil menyebutkan sangat membosankan jika masih harus mendengarkan ceramah di dalam bus. “Mbosenin lah naik bus diceramahin. Plis deh!!! ” kicaunya melalui akun @ulil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend