Dampak #BoikotTolakAngin, Produk Kompetitor Naik Daun

Foto: Istimewa

Gerakan untuk tidak memakai produk jamu herbal yang dibintangi oleh Ernest Prakarsa mulai mempengaruhi preferensi konsumen. Akibat ramainya taggar #BoikotTolakAngin, netizen mulai berkicau untuk beralih ke produk pesaing, Antangin JRG.

Kesimpulan ini disampaikan oleh analis dan peneliti evello, Azis Subekti. Menurut Azis, walaupun tidak menjadi gerakan masif untuk mengganti produk jamu herbal akibat kicauan Ernest, produk Antangin JRG menuai keuntungan dari kondisi ini.

Melalui analisa jejaring kicauan, Azis menemukan bahwa akun @AntanginJRG_ID berada pada lingkaran utama perbincangan. “Hal ini dipengaruhi oleh sebagian netizen yang mengajak netizen lainnya untuk menggunakan produk lain, selain Tolak Angin” terang Azis Subekti.

Jejaring Perbincangan gerakan #BoikotTolakAngin

Menurut Azis, dari grafik jejaring tersebut terlihat bahwa kemarahan netizen sangat kuat terhadap produk yang dibintangi oleh komedian Ernest Prakasa. Dampaknya adalah gerakan untuk menggunakan produk alternatif.

“PT. Sido Muncul harus mewaspadai ini, jika tidak ingin kasus Sari Roti terulang kembali. Sampai sekarang jika diperhatikan, produk-produk Sari Roti masih susah diterima sebagian kalangan akibat gerakan boikot yang terjadi” terang Azis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend