Defisit APBN Melebar, Netizen Sindir #APBNDefisitLagi

Netizen Ramai Bicarakan APBN yang Dipangkas Menkeu Sri Mulyani

Sumber foto: liputan6 / antara

Menteri Keuangan yang baru saja dilantik, Sri Mulyani memperkirakan defisit anggaran negara tahun ini akan melebar dari target semula 2,35 persen menjadi 2,5 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Menurutnya, defisit fiskal tetap membengkak meskipun pemerintah akan memangkas anggaran belanja negara sebesar Rp133,8 triliun dan merisi turun target penerimaan perpajakan dalam APBNP 2016. Akibat defisit yang melebar tersebut, kata Sri Mulyani, pemerintah akan menambah pembiayaan  sekitar Rp17 triliun, dari rencana Rp296,7 triliun menjadi Rp313,7 triliun.

Terkait dengan asumsi makroekonomi, Menkeu mengungkapkan, hanya asumsi nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS yang akan berubah, dari Rp13.500 per dolar AS menjadi Rp13.300 per dolar AS. Sementara, asumsi makro lainnya tidak akan direvisi.

Pertumbuhan ekonomi tetap 5,2 persen, inflasi 4 persen, suku bunga perbendaharaan negara (SPN) tiga bulan  5,5 persen, harga minyak US$40 per barel, lifting minyak 820 ribu barel per hari (bph), dan lifting gas 1,15 juta barel setara minyak per hari.

Sebelumnya pemerintah melalui kementerian keuangan telah melakukan upaya dengan memotong belanja Kementerian/Lembaga pada tahun anggaran 2016. Pemerintah memangkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan jumlah besar, yakni Rp 133,8 triliun. Jumlah ini terdiri dari pengurangan belanja kementerian atau lembaga Rp 65 triliun dan dana transfer ke daerah Rp 68,8 triliun.

Menanggapi hal tersebut, netizen menilai pemerintah telah gagal meningkatkan perekonomian negara. Hal ini terpantau melalui taggar yang dilayangkan netizen, yaitu #APBNDefisitLagi. Taggar tersebut hingga berita ini diturunkan masih bertahan sebagai trending topik Indonesia.

“Nah menkeu sri mulyani jadi tameng suruh ngomongin soal hancurnya keuangan negara #APBNDefisitLagi” ungkap netizen bernama @jalu_jazz. Menurutnya, Sri Mulyani diangkat sebagai Menteri Keuangan karena kondisi keuangan negara yang sudah hancur.

Hal senada juga disampaikan netizen lainnya. Netizen pemilik akun @Cubby_ghum menilai kehadiran Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan karena paket-paket kebijakan ekonomi yang sebelumnya telah diluncurkan gagal. “ibu SMI memulai dengan #APBNDefisitLagi, apakah beliau akan menjadi anti tesisi dari Serial Paket Kebijakan Ekonomi? #FinalSeason”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend