Djarot vs Sandi, Siapa Pemenang Pertarungan Digital?

Hari Pertama 2017 Kampanye Pilgub DKI Sepi di Twitter

Foto: Istimewa

Menjual cawagub dalam pertarungan pilkada DKI diharapkan dapat mendulang suara jelang masa akhir kampanye. Tidak salah kalau kemudian masing-masing tim pemenangan memperkenalkan habis-habisan cawagubnya.

Salah satu yang terlihat sangat mencolok adalah penggunaan peci dan gelar haji Djarot Saiful Hidayat. Bahkan melalui kanal media sosial, nama haji Djarot diperkenalkan secara maksimal. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mendulang suara.

Melalui pemantauan selama satu pekan (3-8 April 2017), redaksi eveline melakukan kompilasi khusus untuk cawagub Djarot Saidul Hidayat melawan Sandiaga Uno di Media Online, Twitter, Facebook Fan Page dan Youtube.

Di Media Online, detik.com menjadi media terbanyak yang memberitakan tentang Djarot Saidul Hidayat. Sementara okezone.com menjadi media terbanyak memberitakan tentang Sandiaga Uno.

Sementara di media sosial twitter, Djarot Hidayat lebih banyak disebut (tweet, retweet, mention) dibandingkan dengan Sandiaga Uno. Jumlah tweet tentang Sandiaga Uno hingga 8 april 2017 pukul 10:22 WIB mencapai 228.041 tweet. Sementara Djarot Saiful Hidayat dikicaukan sebanyak 339.471 tweet sehingga unggul dalam jumlah kicauan dibandingkan Sandiaga Uno.

Keunggulan Djarot atas Sandi juga ditopang oleh banyaknya akun yang berkicau. Jumlah akun unik yang berkicau tentang Djarot mencapai 42.670 akun twitter. Sementara, jumlah akun twitter yang berkicau tentang Sandiaga Uno 36.956 akun twitter.

Bagaimana dengan Youtube? Jejaring media terbesar penggunanya di Indonesia setelah Facebook masih dikuasai oleh Djarot Hidayat. Pantauan selama sepakan, jumlah video dengan tema Djarot Saiful Hidayat diunggah sebanyak 6.605 video.

Jumlah video yang diunggah dengan tema Sandiaga Uno tercatat mencapai 3.572 video. Jumlah ini terpaut hampir separuh dari jumlah Djarot Hidayat.

Di Facebook, Djarot Hidyat juga masih unggul atas jumlah shares dibandingkan Sandiaga Uno. Jumlah shares milik Djarot Hidayat selama pekan pantauan tercatat mencapai 23.905. Sementara jumlah shares tentang Sandiaga Uno mencapai 9.564.

Masih di Facebook, Sandiaga uno unggul dalam hal sentimen dibandingkan dengan Djarot Hidayat. Jumlah Angry yang diberikan pengguna Facebook terhadap Djarot mencapai 4.790, sementara Sandi mencapai 2.101.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*