Eksekusi TKI Karni, Tweeps: Pemerintah Gagal Lindungi Buruh Migran

Setelah Siti Zaenab dieksekusi tanpa pemberitahuan kepada pemerintah Indonesia, seorang TKI asal Brebes Jawa Tengah kembali dieksekusi oleh Pemerintah Arab Saudi. Belum hilang rasa kaget masyarakat atas eksekusi Siti Zaenab, masyarakat kembali dikejutkan oleh eksekusi kedua kalinya terhadap warga negara Indonesia di penjara Yanbu. Seperti hal nya eksekusi terhadap Siti Zaenab, TKI asal Bangkalan Madura, Eksekusi terhadap Karni juga dilakukan tanpa ada pemberitahuan waktu pelaksanaan oleh pemerintah Arab Saudi.

Eksekusi tanpa notifikasi terhadap Karni, tentu saja disambut oleh pembicaraan yang cukup tinggi dan beragam di media sosial, khususnya twitter. Pantauan redaksi eveline, hingga berita ini diturunkan (17/4/2015) sebanyak 15.100 tweet memperbincangkan nasib Karni yang dieksekusi oleh pemerintah Arab Saudi. Puncak pembicaraan tentang eksekusi terhadap Karni terjadi kemarin, 16 April 2015 dengan jumlah tweet mencapai 14.900 perbincangan.

Ekseksusi terhadap dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) dalam waktu yang berdekatan oleh pemerintah Arab Saudi juga mendapatkan reaksi dalam bentuk protes oleh rakyat Indonesia. Protes yang tercermin dalam linimasa twitter menyebutkan bahwa pemerintah telah gagal melindungi buruh migran Indonesia di luar negeri. Jumlah tweet sebanyak 2.958 perbincangan menyatakan gagalnya pemerintah menjalankan tugas negara untuk melindungi nasib buruh migran kita di negara lain.

Atas dieksekusinya dua WNI di Arab Saudi, pengguna twitter juga memenuhi linimasa berupa keinginan agar kedepannya pemerintah bisa memberikan perlindungan kepada TKI. Sebanyak 1.398 tweet memenuhi linimasa twitter dengan saran dan harapan pemerintah harus memperbaiki mekanisme perlindungan WNI kita di luar negeri.

Masyarakat pengguna twitter juga menyampaikan rasa prihatin akan nasib TKI kita. Sebanyak 1.010 perbincangan menyebutkan kondisi pahlawan devisi yang kerap harus berurusan secara hukum di negara tempat bekerja. Sementara kunjungan kepala BNP2TKI yang menemui keluarga korban serta memimpin acara tahlilan tidak mendapatkan respon yang tinggi di media sosial twitter. Tercatat hanya 418 tweet membicarakan kunjungan Nusron Wahid kepada keluarga korban yang sekaligus menyampaikan belasungkawa dari Presiden dan Wakil Presiden.

6 thoughts on “Eksekusi TKI Karni, Tweeps: Pemerintah Gagal Lindungi Buruh Migran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend