Evello: Puncak Macet Arus Mudik Pada 23 dan 26 juni

Rest Area Cikampek Macet, Imbas Ramainya Pengendara Yang Melepas Lelah

Foto: Istimewa

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik akan jatuh pada Jumat, 30 Juni 2017 atau H 5 lebaran. Prediksi itu merujuk operasional kantor pada Senin, 3 Juli.

“Asumsinya semua kantor baik swasta maupun negeri buka di hari Senin,” kata Ketua Posko Mudik Kemenhub Bintang Hidayat.

Bintang menilai mayoritas pemudik bakal memilih tanggal tersebut agar punya waktu sisa di rumah sebelum mulai kembali bekerja. Hal itu didukung dengan panjangnya libur Lebaran tahun ini yang mencapai sepuluh hari.

Ia menyarankan masyarakat tidak memilih waktu yang terlalu mepet dengan hari pertama masuk kerja. Jika nekat pulang di waktu tersebut, Bintang khawatir lalu lintas akan sangat padat.

“Kalau mau trafik yang ringan sebaiknya jangan Jumat,” imbuh Direktur Bandara tersebut.

Kemenhub berharap masyarakat memilih waktu sebelum Jumat untuk pulang ke tempat tinggalnya masing-masing. Selain lebih lancar, menghindari perkiraan puncak arus balik pada Jumat nanti juga mengurangi potensi bahaya bagi masyarakat.

Untuk mengantisipasi arus balik, pemerintah berencana menggunakan kembali jalan darurat.

Jalan darurat dipakai untuk meringankan beban jalur Pantura yang biasa pemudik menuju kampung halamannya. Penggunaan jalur tersebut dipilih untuk mengantisipasi ledakan pemudik darat sekaligus menghindari kemacetan parah ‘Brexit’ pada puncak mudik tahun lalu.

Berdasarkan pantauan evello.co.id, kepadatan arus mudik pada lebaran 2017 terjadi sebanyak dua kali. Puncak kemacetan terjadi pada 23 Juni 2017 dan hari kedua lebaran pada 26 Juni 2017.

Hal yang sama terjadi pada ruas tol Cikampek. Kepadatan puncak ruas tol Cikampek terpantau terjadi pada 23 Juni 2017 dan hari kedua lebaran pada 26 Juni 2017.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend