Evello: Tren Data Arus Mudik Meningkat, Belum Ada Lonjakan Data

Puncak Arus Mudik

Foto: Istimewa

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan pelaksanaan arus mudik tahun 2017 di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (11/6).

Rombongan dari Jakarta tiba di Pelabuhan Merak pukul 08.40 WIB menggunakan helikopter dan mendarat di Dermaga IV. Kapolri dan Menhub kemudian menuju Kantor ASDP Cabang Merak untuk menggelar rapat tertutup. Wartawan tidak diperkenankan masuk ruang rapat utama.

Tampak juga Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kakorlantas Irjen Pol Drs Royke Lumowa, Dirut PT ASDP Faik Fahmi, dan GM ASDP Merak Tommy L Kaunang.

Tercatat ada 32 kapal yang siap operasi serta total enam dermaga yang akan beroperasi selama arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

Selain itu, pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak terus berupaya meningkatkan pelayanan pada arus mudik Lebaran tahun ini, terutama dalam hal layanan penjualan tiket yang dapat diperoleh secara online dan menyediakan loket-loket tiket di luar pelabuhan.

Pantauan redaksi eveline menggunakan perangkat evello menemukan bahwa tren data arus mudik terlihat meningkat. Meskipun terjadi peningkatan data tentang arus mudik, jumlah peningkatan pemberitaan dan pembicaraan publik tentang arus mudik belum meningkat secara signifikan.

Tren Data Arus Mudik

Jika dibandingkan dengan perbincangan dan pemberitaan mengenai arus balik lebaran 2017, tema arus mudik jauh lebih tinggi. Dalam grafik share index yang ditampilkan oleh evello, terlihat bahwa tema arus mudik menguasai 97,8% pemberitaan dan perbincangan netizen.

Share Index Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2017

Dua pekan jelang arus mudik Lebaran 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan inspeksi kesiapan jalur mudik lebaran pada Sabtu-Minggu (10-11/6) yang dibagi menjadi dua tim.

Tim pertama dipimpin langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menelusuri jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) baik jalan nasional maupun jalan tol sedangkan tim kedua dipimpin oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto melihat kesiapan di jalur selatan Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend