Gegara Tweet Dukung Pernikahan Sesama Jenis, Sherina Jadi Bulan-Bulanan Di Twitter

Sherina dukung pernikahan sesama jenis

Jumat, 26 Juni 2015, Mahkamah Agung Amerika Serikat secara resmi melegalkan pernikahan sesama jenis yang berlaku di 50 negara bagian AS. Dengan dikeluarkannya jaminan konstitusi tersebut, maka AS menjadi negara ke-21 yang melegalkan pernikahan sesama jenis ini.

Atas hasil keputusan Mahkamah Agung AS, Pendukung pernikahan sesama jenis dan kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender) tumpah ruah di luar gedung MA untuk merayakan momen bersejarah ini. Tidak hanya itu warna pelangi dari bendera LGBT juga menghiasi Negeri Paman Sam tersebut.

Dalam pidatonya tak lama setelah keluarnya keputusan, Presiden Obama menyebut keputusan ini “sebuah kemenangan bagi Amerika”, namun Obama juga menyadari bahwa banyak warga AS lainnya yang tidak merayakan keputusan ini.

Pantauan redaksi eveline, paska pengumuman tersebut linimasa twitter dipenuhi dengan pernyataan pro dan kontra terhadap legalisasi pernikahan sesama jenis atau kerap dikenal dengan nama LGBT. Sampai dengan berita ini dimuat, perbincangan tentang pernikahan sesama jenis juga masih menjadi topik di linimasa twitter Indonesia.

Para pendukung pernikahan sejenis diseluruh belahan dunia, menggunakan hashtag #LGBT untuk meluapkan kegembiraannya atas keluarnya keputusan legalisasi pernikahan sesama jenis. Sampai dengan berita ini dimuat, dukungan pada hashtag #LGBT mencapai 172.931 tweet.

Sementara, perbincangan tentang LGBT sendiri sempat menjadi trending topic dunia. Jumlah perbincangan tentang LGBT pada linimasa twitter dari berbagai onliner di belahan bumi mencapai 377.633 tweet. Para pendukung LGBT menganggap legalisasi pernikahan sejenis sebagai kemenangan kesetaraan hak atas cinta atau kerap dikenal dengan Love Wins. Perbincangan atas Love Wins pada linimasa twitter mencapai 283.428.

Di Indonesia, seperti telah dimuat oleh eveline sebelumnya (baca : Mayoritas Netizen Indonesia Tolak Pernikahan Sesama Jenis) pernikahan sesama jenis ditolak oleh mayoritas netizen Indonesia. Hingga berita ini dimuat, dukungan untuk menolak pernikahan sesama jenis di Indonesia mencapai 15.958 tweet. Onliner juga memberikan apresiasi atas komentar cepat dari Menteri Agama, yang tidak akan mengakui pernikahan sesama jenis.

Perbincangan paling kontroversial tentang pernikahan sesama jenis di Indonesia adalah terkait pernyataan artis Sherina Munaf. Sherina melalui akun twitternya, @sherinasinna menyebutkan bahwa pernikahan sesama jenis adalah hak kaum LGBT. 

Pernyataan Sherina tentu saja langsung mengundang reaksi beragam dari Fans dan masyarakat umum lainnya. Sebagian besar mengecam dan menyatakan kekagetannya atas sikap Sherina terkait pernikahan sesama jenis. Tidak saja mengecam, bahkan banyak onliner twitter pun yang saling berbagi informasi mengenai pernyataan sikap Sherina.

Sampai dengan berita ini diturunkan, perbincangan tentang Sherina mencapai 2.822 tweet. Meskipun beberapa tweet menyatakan sikap netralnya atas pernyataan Sherina, sebagian besar tweet yang dilayangkan menyatakan protes dan kecaman terhadap Sherina. Hal yang menarik, terdapat 187 tweet dilayangkan terhadap Sherina sehubungan dengan preferensi politik Sherina pada Pilpres 2014 kemarin.

Diluar kecaman terhadap Sherina, terdapat 227 tweet yang menyatakan dukungan pada Sherina. Dukungan yang diberikan bukan pada legalisasi pernikahan sesama jenis melainkan kepada keberanian Sherina untuk mengungkapkan preferensi sosialnya. Walaupun disisi lain, 369 tweet mengingatkan bahwa pernikahan sesama jenis melanggar hukum agama.

****

 

 

3 thoughts on “Gegara Tweet Dukung Pernikahan Sesama Jenis, Sherina Jadi Bulan-Bulanan Di Twitter

  1. madametussaud

    Begini kalo ke-Indonesiaannya luntur..sok kebarat-baratan. Ikut2an biar dibilang ” kekinian “.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend