Gerindra: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Peringkat 3 Dunia, Dunia Yang Mana

Klaim Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terbaik Ke-3 di Dunia, Jokowi Ramai Dikritik Netizen

Foto: Istimewa

Partai Gerindra memprotes pernyataan Presiden Joko Widodo saat kunjungan di Hongkong yang mengklaim bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia terbesar ketiga di dunia, setelah China dan India. Protes tersebut disampaikan melalui akun resmi twitter partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

“Seperti kita ketahui Presiden selalu mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia menempati peringkat ke-3 dunia, setelah India & China”, cuit akun partai Gerindra mengawali protes mereka. Melalui beberapa cuitan, partai Gerindra menyebutkan bahwa klaim Presiden Joko Widodo tidak berdasarkan fakta.

Tidak hanya sampai disitu, Partai Gerindra juga membeberkan sejumlah fakta bahwa di asia terdapat 13 negara dengan pertumbuhan ekonomi di atas Indonesia. Bahkan dalam data yang disampaikan peringkat pertumbuhan ekonomi Indonesia kalah dibandingkan dengan Papua Nugini dan Timor Leste.

Pada bagian akhir dari kicauan tersebut, akun Partai Gerindra mempertanyakan di dunia mana pertumbuhan ekonomi berada pada peringkat ketiga.

Seperti diketahui, pengamat ekonomi dari luar, Jake Van Der Kamp dalam artikel di kolom bisnis South China Morning Post (SCMP) edisi 1 Mei 2017, mencemooh data yang dimiliki Presiden Jokowi. Pasalnya, dalam catatan dia, Indonesia jangankan peringkat tiga dunia, tapi cuma berada di peringkat ketiga belas tingkat Asia.

Jake menulis opininya dengan kalimat: Third in the world, is it? What world is that? Selanjutnya Jake menguraikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di kisaran 5,02 persen itu hanya berada di urutan ke-13. Urutan tersebut pun bukan dunia tetapi di kawasan Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend