Hadar Nafis: Situs KPU DKI Diserang Hacker

kpu dki

Foto: Istimewa

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat Hadar Nafis Gumay membenarkan bahwa ada pihak yang mengganggu situs KPU DKI Jakarta.

Hadar menjelaskan, dampak yang ditimbulkan dari gangguan tersebut memang menyebabkan lalu lintas (traffic) menuju laman (website) milik KPU menjadi lebih rendah. Namun tidak sampai menyebabkan server down, seperti dikutip dari laman teropongsenayan.

Ia juga tidak merinci lebih jauh tentang asal dari pihak yang hendak mengganggu server milik KPU tersebut. Termasuk indikasi yang beredar bahwa ancaman berasal dari luar negeri.

”Kebetulan akses masyarakat yang mau lihat (hasil Pilkada) juga sangat tinggi,” cetusnya.

Paska perhelatan pilkada DKI 2017 pada Rabu (15/2) lalu, sempat beredar pesan berantai melalui media sosial bahwa situs KPU DKI down karena adanya serangan hacker. Hingga kinipun polemik penyerangan oleh hacker masih menjadi bagian dari perbincangan netizen.

Menanggapi ramainya perbincangan netizen, tim pemenangan paslon 3, Anies-Sandi akhirnya angkat bicara. Tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno meminta agar kesantunan pada Pilgub DKI Jakarta tetap dijaga. Permintaan ini terkait diretasnya website KPU.

Anggota Tim pemenangan Anies-Sandi Muhamad Taufik mengatakan, upaya meretas website KPU merupakan tindakan yang tak tak ksatria.”Kesantunan seharusnya dijaga dalam Pilgub DKI 2017. Sudahlah, buat apa pakai cara seperti itu. Jangan macam macam,” kata  Taufik pada wartawan, Kamis (16/2/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend