Hari Raya Nyepi, Ucapan Selamat Menggema di Media Sosial

Hari ini, 21 Maret 2015, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Pantauan eveline sepanjang pagi ini,  media sosial seperti twitter ramai dengan pembicaraan perayaan nyepi. Sepanjang pagi, 6.079 tweet berkicau tentang perayaan nyepi. Bahkan 3.922 tweet langsung memberikan ucapan selamat bagi umat Hindu yang merayakan.

Ucapan selamat tidak hanya datang dari pengguna media sosial pada hari ini saja. Sejak seminggu sebelum jatuhnya perayaan nyepi, pembicaraan di twitter mencapai 62.129 kicauan. Bahkan pembicaraan tentang nyepi juga dikirimkan oleh pengguna twitter di luar Indonesia. Dari 62.129 kicauan tentang Nyepi, 20,048 tweet berisikan ucapan selamat.

Bagian yang menarik adalah memperhatikan pembicaraan pengguna media sosial tentang jalannya perayaan Nyepi. Eveline menangkap terdapat 7.493 pembicaraan mengenai Nyepi dengan tema beragam diluar pembicaraan ucapan selamat seperti pembuatan Ogoh-ogoh, kondisi jalan yang sepi, kondisi bandara, puncak upacara perayaan nyepi dan tentu saja pecalang.

Nyepi

Prosentase Pembicaraan Perayaan Nyepi

Ingatan kuat publik yang terekam melalu pembicaraan di media sosial twitter, didominasi 41% tentang Ogoh-ogoh sebagai bagian dari perayaan nyepi. Hal kedua yang paling menarik perhatian adalah kondisi daerah bali yang cenderung sepi. Masyarakat juga mengingat dan senang berbagi informasi tentang kondisi Bandar Udara Ngurah Rai Denpasar yang sepi tanpa aktivitas. Terakhir yang cukup diingat oleh pengguna twitter adalah petugas adat Bali yang bertugas menjaga ketentraman dan ketertiban pelaksanaan perayaan nyepi atau sering disebut dengan pecalang. 7% perbicangan mengenai perayaan nyepi, berbicara tentang peran pecalang.

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend