Isu Kebangkitan PKI, Acara Nobar Film G30S/PKI Mendominasi Percakapan Netizen

Isu Kebangkitan PKI, Acara Nobar Film G30S/PKI Mendominasi Percakapan Netizen

Foto: Ilustrasi

Pangkalan Utama TNI AL menggelar nonton bareng film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) selama 11 hari sebagai bentuk mencegah lupa terhadap sejarah. “Satuan jajaran Lantamal V menggelar nobar di lingkungan markas, komplek TNI AL dan masyarakat sekitar mulai 20-30 September,” ujar Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (23/9).

Pemutaran film, kata dia, sesuai arahan pimpinan yang ditujukan kepada prajurit dan ASN Lantamal V, sekaligus mengajak generasi muda untuk mengerti dan memahami sejarah perjalanan bangsa. “Masyarakat saat ini harus tahu bahwa bangsa ini pernah mengalami peristiwa kelam dengan adanya peristiwa G-30-S/PKI pada 1965,” ucapnya.

Sementara itu, ratusan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Sukabumi antusias menonton bersama film G 30 S PKI Sabtu (23/9) pagi. Mereka menonton film dan diskusi bersama Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol M Mahfud Asat di  SMA IT Adzkia Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Sukabumi.

Pemutaran film yang dilakukan sejak pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan pemaparan materi dari Dandim 0607/Kota Sukabumi. Selepas itu para pelajar dan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menonton film G-30S/PKI dengan didampingi Babinsa dan guru.

Dukungan untuk nonton bersama film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) terlihat mengalir deras melalui media sosial. Pantauan pada linimasa twitter terlihat netizen antusias mendukung acara nonton bersama tersebut, seperti yang disampaikan netizen berikut.

Pantauan melalui evello, terlihat bahwa perbincangan dan pemberitaan mengenai PKI didominasi oleh perbincangan nonton bersama film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Pantauan Pemberitaan dan Perbincangan Netizen Melalui Fasilitas Theme Cloud Evello

Ditempat terpisah, Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol M Mahfud Asat mengatakan, kegitan nobar film G-20S/PKI di SMA IT Adzkia ini merupakan inisiasi dari mahasiswa KAMMI yang ingin memberikan sejarah ke pelajar SMA Adzkia. “Film ini sudah cukup menjelaskan ketika PKI melakukan pemberontakan,” ujar dia.

Menurut Mahfud, para generasi muda harus mengetahui sejarah bangsa termasuk peristiwa G-30S/PKI. Jangan sampai lanjut dia ada upaya pembelokan sejarah. Kegiatan nonton film G 30 S PKI ini didampingi Babinsa untuk menjelaskan mengenai materi di dalam film.

Ditambahkan Mahfud, Kodim juga melakukan sosialisasi tentang bahaya laten komunis kepada masyarakat luas. Harapannya kata dia periswa pemberontakan PKI pada 1948 dan 1965 tidak terulang kembali di masa depan.

Loading...

One thought on “Isu Kebangkitan PKI, Acara Nobar Film G30S/PKI Mendominasi Percakapan Netizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend