Jejak Digital Sejumlah Tokoh Protes Keras Tuduhan Makar

Jejak Digital Sejumlah Tokoh Protes Keras Tuduhan Makar

Foto: Istimewa

Aksi damai 313 berbuah tuduhan makar menuai protes dari banyak pihak. Pantauan redaksi eveline melalui jejaring percakapan netizen (Social Network Analysis) periode 31 Maret – 1 April 2017 menemukan sejumlah tokoh protes keras. Tidak saja aktivis, beberapa tokoh politik terlihat menyampaikan kicauannya.

Pada jejaring percakapan terlihat percakapan netizen terbelah menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok kontra tuduhan makar dan pendukung/netral dalam kasus makar.

Jejaring Percakapan Netizen Tentang Protes Makar

Munculnya nama akun @jokowi dan @basuki_btp tidak menunjukkan bahwa kedua akun tersebut berada pada kelompok pemrotes. Kedua akun tersebut berada pada lingkaran pemrotes karena banyak jumlah colekan (mention) yang diarahkan kepada kedua akun tersebut.

Sementara itu, akun politisi Partai Demokrat, Andi Arief berada pada pusat perbincangan. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cuitan mantan staf khusus Presiden SBY tersebut paling banyak menjangkau akun-akun yang juga menyuarakan protes yang sama.

Sementara mantan Sekertaris Kementerian BUMN, Said Didu juga terlihat pada peta jejaring percakapan netizen. Pria kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan tersebut menyebutkan tuduhan makar telah menjadi pasal karet di negeri ini.

Tidak ketinggalan dalam kicauan tersebut adalah ketua umum pimpinan pusat pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzhar. Pria berkacamata ini juga menyampaikan protes keras terhadap tuduhan makar terhadap penggerak aksi 313.

Berdasarkan pantauan redaksi eveline pada 31/3/2017 sore, jumlah perbincangan netizen tentang aksi 313 cenderung menurun. Netizen justru berganti kicauan tentang penangkapan Sekjend Forum Umat Islam (FUI), Al Khaththath.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend