Jelang Hari Pahlawan, Netizen Ingatkan Matikan Mesin Kendaraan

Berbagai hal bisa kita lakukan untuk memperingati hari-hari nasional di Indonesia. Contohnya saja seperti lomba 17-an yang diadakan dalam rangka HUT Republik Indonesia. Nah, bagaimana untuk Hari Pahlawan yang akan jatuh pada tanggal 10 November besok?

Peringatan Hari Pahlawan seperi biasanya akan sedikit berbeda. Dikutip detiknews, pihak kepolisian mengimbau agar para pengemudi kendaraan mematikan mesin selama 60 detik di jalan protokol. Kegiatan hening cipta ini dimulai pukul 08.15 WIB.

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 9 November 2015.Terdapat 1.484 tweet perbincangan tentang Peringatan Hari Pahlawan.

Himbauan pihak kepolisian ini sontak mendapat dukungan dari pengguna sosial media twitter. Itu terlihat dari 605 tweet pengguna twitter Indonesia mendukung peringatan Hari Pahlawan dengan mematikan mesin kendaraan selama 60 detik. Demikian pula, salah satu pengguna twitter dengan akun @iandabdinegara yang juga mendukung himbauan kepolisian ini. Berikut isi tweet nya “matikan kendaraan selama 60 detik : ) untuk mengheningkan cipta atas jasa para pahlawan kita. selamat hari pahlawan nasional #10November”

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan pada Hari Pahlawan untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. “Tujuannya untuk mengheningkan cipta sejenak dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Ini berlaku di jalan protokol saja,” kata Iqbal. Tujuan mematikan mesin kendaraan selama 60 detik pada Hari Pahlawan besok dengan maksud mengheningkan cipta dikomentari netizen sebanyak 377 tweet.

Edaran tersebut tertuang dalam Surat Telegram bernomor STR/3097/X/2015 tanggal 27 Oktober 2015 dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian yang ditandatangani atas nama Kapolda-Kepala Biro Operasi Kombes Martuani Sormin.

“Bersama ini diinformasikan kepada Ir/Dir/Ka bahwa dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2015, untuk menghentikan sesaat setiaap kendaraan bermotor yang ada di beberapa jalan protokol untuk dapat melakukan hening cipta selama 60 detik pada pukul 08.15 WIB,” demikian bunyi surat telegram tersebut.

Adapun, imbauan tersebut didasari Undang-Undang RI No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan surat dari Kementerian Sosial RI No 96/MS/B/10/2015 tanggal 9 Oktober 2015 tentang izin menghentikan kendaraan bermotor dalam rangka hening cipta Hari Pahlawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend