Jokowi: Saya dan Rakyat Indonesia Konsisten Bersama Rakyat Palestina

Jokowi: Saya dan Rakyat Indonesia Konsisten Bersama Rakyat Palestina

Foto: todayonline / brookingsinstitution

“Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya” demikian penggalan pernyataan Presiden Jokowi menanggapi aksi Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pernyataan presiden tersebut dilakukan melalui akun twitternya pada Rabu, 6 Desember 2017. Jokowi menyebutkan tindakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melanggar resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

 

Kicauan presiden Jokowi sekaligus memicu berbagai komentar netizen Indonesia agar Indonesia melakukan tindakan tegas.

“Trump emang songong Pak. Ketegasan Bapak sangat dihargai. Jangan dengerin soal suara yg minta putus hubungan diplomatik dengan Amrik karena yg ngusulin itu gak paham ttg hubungan internasional dan diplomatik yg mereka pikir simpel.” cuit akun @krishjogja.

Tidak semua netizen setuju dengan pernyataan Presiden Jokowi. Mereka justru meminta agar presiden mendalami sejarah tentang konflik Palestina-Isral. Hal ini disampaikan oleh akun yang mengaku pendukung Jokowi-Ahok.

“Maaf sebesar2nya, pak. Untuk hal ini saya kurang setuju dengan pernyataan Bapak! Mungkin bapak perlu pelajari sejarahnya dulu secara mendalam baru buat statement.” ujar akun @mg_simamora.

Keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel memang disambut dengan gelombang kecaman dan kritik dari berbagai penjuru dunia. Amerika menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Para pemimpin dari dunia Muslim dan masyarakat internasional lain melontarkan kemarahan mereka, dan sebagian memperingatkan bahwa langkah itu menimbulkan potensi kekerasan dan pertumpahan darah. Trump juga mengumumkan rencana pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend