Kasusnya Segera Dihentikan, Julian Assange Jadi Perhatian Netizen Dunia

Julian Assange Berencana Menyerahkan Diri

Foto: Istimewa

Setelah tujuh tahun, jaksa Swedia menyatakan akan menghentikan penyelidikan awal terkait dugaan pemerkosaan yang dilakukan oleh pendiri WikiLeaks, Julian Assange, Jumat (19/5). “Jaksa kepala Marianne Ny hari ini memutuskan untuk menghentikan investigasi awal terkait dugaan pemerkosaan yang melibatkan Julian Assange,” bunyi pernyataan kejaksaan seperti dikutip Reuters.

Seperti diketahui, Assange, 45, tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London sejak 2012 lalu. Dia meminta perlindungan Kedubes agar tidak diekstradisi ke Swedia karena kasus pemerkosaan yang, menurutnya, tidak ia lakukan.

Selain di Swedia, Assange juga telah lama menjadi incaran Washington lantaran merilis ribuan dokumen militer dan diplomatik AS yang didapat WikiLeaks dari pembocor rahasia, Chelsea Manning.

Rencana penghentian penyelidikan oleh kejakasaan Swedaia sontak membuat nama Julian Assange menjadi perhatian netizen sejagat. Pada papan trending topik Indonesia, nama Julian sempat bertengger sebagai trending topik.

“Happy for you @JulianAssange It’s a great day!” ujar seorang netizen bernama Alessandro Zuech nampak memberikan ucapan selamat kepada Julian.

Sementara akun twitter @JulianAssange terlihat mengunggah gambar Julian sedang tersenyum. Unggahan foto tanpa keterangan tersebut menuai 2.278 retweet hingga berita ini diturunkan.

Kebebasan Julian untuk menghirup udara segar nampaknya masih menemui jalan terjal. Pasalnya, kepolisian Inggris menyatakan akan tetap menangkap Julian Assange jika dia meninggalkan Kedutaan Besar Ekuador di London. Hal ini disampaikan meski Kejaksaan Swedia sudah menyatakan akan menghentikan penyelidikan kasus dugaan pemerkosaan yang menjeratnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend