Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Somasi Luhut, Netizen Berkomentar

Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Somasi Luhut, Netizen Berkomentar

Keputusan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Pandjaitan untuk melanjutkan proyek reklamasi sejumlah pulau buatan di Teluk Jakarta disambut somasi terbuka yang diajukan oleh Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta.

Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta tergabung dari Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Solidaritas Perempuan, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Somasi terbuka tersebut dibacakan Jumat (16/09), dan menuntut agar Luhut sebagai Menko Maritim ‘menghormati putusan Pengadilan Tata Usaha Negara’ pada Mei 2016 lalu terkait reklamasi Pulau G yang memutuskan untuk ‘menunda pelaksanaan, pemberian izin pelaksanaan reklamasi’ sampai ada perkara berkekuatan hukum tetap.

Isinya berkaitan dengan putusan PTUN Jakarta pada 31 Mei 2016 terkait pembatalan surat izin reklamasi. “PTUN Jakarta telah menyatakan batal atau tidak sah atas Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 2.238 Tahun 2014 tentang pemberian Izin Reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta kepada PT Muara Wisesa Samudra.”

Dalam somasi tersebut, Luhut juga diingatkan kembali bahwa PTUN Jakarta mengabulkan Permohonan Penundaan Pelaksanaan Keputusan Tata Usaha Negara terkait SK Gubernur DKI Nomor 2.238 Tahun 2014. Ketiga, perihal Luhut bersama Gubernur DKI Jakarta saat konferensi pers pada Selasa (13/9/2016) yang menyatakan tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

Somasi terbuka yang diajukan oleh Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, menuai beragam komentar di media sosial twitter. Salah satunya datang dari @MahaNeniSst yang mengatakan “sangat setuju….jika perlu …penjarakan saja luhut …biang kegaduhan..”

Seorang netizen bahkan meminta Luhut Pandjaitan untuk dapat memberikan jawaban terhadap somasi tersebut. “Kami ucapkan selamat untuk Luhut atas somasi terbuka kami, dan kami tunggu respon saudara 3 x 24 jam #SelamatLuhut,” ujar @jocetimoty

Direncanakan pada hari Senin (19/9), Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta akan menyerahkan somasi untuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ke Istana Negara. Selain itu, bersama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia juga akan menggelar aksi di depan kantor Kemko Maritim.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend