Kobarkan Semangat Kemaritiman, Selamat Hari Maritim Nasional Jadi Trending Topic

Peringatan Hari Kemaritiman Nasional – sumber foto: Istimewa

Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu bahwa hari ini, tanggal 21 Agustus, diperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Meski tidak banyak referensi yang menyebutkan tentang mengapa dan siapa yang menetapkan Hari Maritim Nasional, namun dalam konteks bangsa Indonesia sekarang, peringatan ini menemukan momentum yang sangat penting. Karena berkesesuaian dengan visi pemerintah di bawah nahkoda Presiden Joko Widodo mewujudkan poros maritim dan mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai kekuatan sosial politik utama di dunia berbasis kekuatan maritim.

Sejarah mencatat Sejarah tanggal 21 Agustus diperingati sebagai Hari Maritim Nasional mengacu pada peristiwa tanggal 21 Agustus 1945 dimana kekuatan laut Indonesia berhasil mengambilalih kekuasan militer tentara laut Jepang. Dikutip dari Sejarawan.com, Kasubdisjarah Dispenal Mabesal, Kolonel Laut (P) Rony E Turangan, menyebut “Tidak bisa itu dikatakan sebagai kemenangan, yang ada hanyalah pengambilalihan alutsista milik Jepang. Proses pengambilan itu ada yang secara diplomasi dan ada yang secara pengambilan paksa, seperti yang terjadi di Jawa Barat”.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas peringatan Hari Maritim Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Agustus ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 21 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 2.664 tweet yang dicuitkan netizen Indonesia membicarakan tentang Hari Maritim Nasional.

Sebanyak 1.665 tweet mengucapkan Selamat Hari Maritim Nasional yang menjadikannya trending topic di media sosial Twitter hari ini. Netizen menyebut soal kebangkitan semangat kemaritiman bangsa Indonesia dalam cuitannnya tersebut.

Netizen juga menyebut peringatan hari maritim nasional ini menjadikan mereka teringat lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut yang akrab dinyanyikan di saat sekolah dasar. Hal ini disebut netizen sebanyak 462 tweet.

Sementara itu, masih terkait peringatan Hari Maritim Nasional, netizen mengimbau kepada publik untuk bersama-sama menjaga potensi laut Indonesia sehingga bisa dimanfaatkan sepenuhnya demi kepentingan bangsa Indonesia. Ajakan ini diungkapkan oleh netizen sebanyak 242 tweet.

***

One thought on “Kobarkan Semangat Kemaritiman, Selamat Hari Maritim Nasional Jadi Trending Topic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend