“Macet” Jadi Tema Berita Jelang Arus Mudik Lebaran 2017

Netizen Perbincangkan Kemacetan di Tol Cikampek Jelang Libur Panjang

Foto: Istimewa

Korps Lalu Lintas Polri menyiapkan lima skenario rekayasa lalu lintas untuk mengatasi puncak kemacetan pada arus mudik Lebaran. Korlantas juga akan mengendalikan langsung arus lalu lintas pada jalur mudik agar tidak ada rekayasa yang saling tumpang tindih.

Dalam rapat dengan pendapat dengan Komisi V DPR RI Kamis (8/6) Kepala Korlantas Inspektur Jenderal Royke Lumowa menyebutkan jika semua jalan tol dan arteri di pantau utara Jawa mengalami macet total, Korlantas akan menjalankan skenario kelima. Skenario ini akan mengarahkan lalu lintas dari Dawuan ke Purbaleunyi melewati jalur selatan.

Sementara, sebagian besar mobil akan diperintajkan untuk keluar dari jalan tol dan kendaraan di jalan arteri diarahkan menuju jalur selatan Jawa Barat. Jika diperlukan, akan diberlakukan juga pelarangan masuk jalan tol dari Jakarta.

Royke juga menyampaikan, pada kemacetan panjang tetapi bukan kemacetan total, Korlantas akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengeluarkan mobil di pintu-pintu tol terdekat.

Pantauan redaksi eveline dengan menggunakan perangkat evello menemukan bahwa tema macet memperlihatkan tren meningkat. Pantauan pada 1-10 Juni 2017 menemukan bahwa tren macet ramai jadi bahan pemberitaan media dan perhatian netizen melalui media sosial.

Tema Macet pada Media Online dan Media Sosial

Menariknya, tema macet tidak didominasi oleh ramainya perbincangan netizen melalui media sosial. Media pemberitaan online berkontribusi terhadap meningkatnya pemberitaan dengan tema macet.

Kontribusi Media Online Dalam Penyebaran Informasi Tentang Kemacetan

Korlantas Polri juga akan mengerahkan masing-masing 10.000 petugas di pantai utara dan pantai selatan pulau Jawa untuk memperlancar arus lalulintas dan rekayasa lalulintas.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) Basuki Hadimuljono mengarakan dengan dibukanya ruas tol antara Brebeas Timur dan Waleri secara darurat sepanjang 110 kilometer diharapkan tingkat kemacetan akan jauh berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend