Mahasiswa UI Diduga Bunuh Diri, Netizen Prihatin Dengan Pendidikan Indonesia

Mahasiswa UI Bunuh Diri – sumber foto: Sindonews.com

Publik Indonesia dikejutkan dengan kabar mengenaskan dari Kampus Universitas Indonesia, di mana pada Kamis, 26 Maret 2015, seorang mahasiswa bernama Akseyna Ahad Dori, ditemukan tewas mengambang di Danau Kenanga, di dalam kawasan kampus di Depok. Akseyna, atau akrab dipanggil Ace, adalah mahasiswa program studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam asal Yogyakarta angkatan 2013.

Pemuda berusia 18 tahun ini masuk UI melalui jalur talent scouting, yaitu jalur yang diperuntukkan bagi pelajar peserta Olimpiade Sains Nasional. Saat belajar di SMA Negeri 8 Yogyakarta, Ace mulai memperlihatkan bakatnya dalam bidang biologi. Sejak 2011, dia menjadi peserta olimpiade. Tahun berikutnya, dia berhasil menduduki peringkat ke-28 tingkat nasional.

Dugaan polisi sementara tewasnya Ace merupakan peristiwa bunuh diri, di mana saat jasad korban ditemukan di danau Kenanga masih mengenakan jas almamater dengan tas berisi beberapa batu besar. Serta ditemukannya surat di kamar kost korban yang berisi catatan yang menyiratkan keinginan korban untuk mengakhiri hidupnya.

Bagaimana seorang mahasiswa berprestasi seperti Ace berakhir dengan cara mengenaskan seperti itu? Dan bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas peristiwa memilukan ini? Eveline merangkumnya untuk Anda.

Pantauan Eveline di media sosial Indonesia, khususnya twitter, dilakukan selama periode satu pekan, dari 29 Maret – 6 April 2015. Di mana terdapat 11.301 tweet bicara tentang kasus Mahasiswa UI. Terdapat 1.124 tweet menyuarakan keprihatinan atas Dugaan Bunuh Diri yang dilakukan Akseyna Ahad Dori. Sebanyak 641 tweet menyuarakan alasan bunuh diri karena kekecewaan Ace yang tidak disertakan dalam Olimpiade Sains Nasional. Sementara, 462 tweet mencuitkan keprihatinan bahwa salah satu faktor pendorong bunuh diri adalah korban terlalu cerdas.

Apapun latar belakang dan alasan dugaan bunuh diri, kita patut menyayangkan peristiwa yang memilukan tersebut. Dunia pendidikan Indonesia, khususnya di lembaga sekelas Universitas Indonesia butuh lebih serius mengantisipasi hal-hal yang bisa mendorong perilaku nekad semacam ini. Sehingga ke depannya tidak ada lagi Ace-Ace lain yang musti berakhir dengan cara mengenaskan.

***

 

Loading...

3 thoughts on “Mahasiswa UI Diduga Bunuh Diri, Netizen Prihatin Dengan Pendidikan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend