Mengintip Jejak Digital Perbincangan Deklarasi Ridwan Kamil

Lewat Twitter, Ridwan Kamil Sebut Tak Jadi Jurkam Pasangan Calon Manapun

Foto: Istimewa

Walikota Bandung Ridwan Kamil resmi mendeklarasikan diri maju sebagai cagub Jawa Barat bersama partai Nasdem. Deklarasi yang menarik banyak perhatian netizen ini dilakukan di di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Minggu(19/3).

Deklarasi bersama partai besutan Surya Paloh itu membuat nama Ridwan Kamil sepanjang minggu siang (19/3) kemarin berada pada jajaran trending topik Indonesia. Pantauan redaksi eveline, hingga pukul 19:30 WIB kemarin, kata kunci Ridwan Kamil dikicaukan sebanyak 12.349 tweet.

Pada periode waktu yang sama, jumlah akun twitter yang berkicau tentang Ridwan Kamil tercatat mencapai 2.534 akun.

“Jika melihat perbandingan jumlah akun melawan jumlah kicauan, netizen terlihat sekali sangat aktif membicarakan deklarasi Ridwan Kamil” tutur Angga Pratama, Analis Evello.

“Bulan madu Nasdem bersama Ridwan Kamil hanya berlangsung beberapa jam. Sesaat dan beberapa jam paska deklarasi. Setelah itu opini bergeser dengan ungkapan kecewa netizen terhadap Ridwan Kamil” terang Angga.

Ridwan Kamil Berdekatan Posisi Bersama Akun-Akun Yang Kecewa Dengan Putusan Deklarasi

Pada jejaring perbincangan netizen memang terlihat bahwa akun partai Nasdem berada pada sebelah kiri akun Ridwan Kamil. Sementara Ridwan Kamil lebih berdekatan dengan netizen-netizen yang menolak.

Peta jejaring percakapan tersebut juga memuncul sejumlah nama yang dianggap menjadi pesaing atau bahkan pasangan Ridwan Kamil Nantinya. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dan wakil gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar juga terlihat dalam percakapan netizen.

Sejumlah Tokoh dan Akun Partai Politik Terlibat Jejaring Perbincangan Deklarasi Ridwan Kamil

Lebih jauh, Angga juga menuturkan peta percakapan ini sekaligus akan menjadi pattern seperti apa posisi Ridwan Kamil nantinya di jagad maya. “Dari seorang yang dicintai oleh netizen yang selama ini sangat aktif, akan berubah menjadi musuh bersama”

“Posisi netizen yang berada disebelah kanan (lingkaran) akun Ridwan Kamil tidak akan pernah berhenti mengkampanyekan rasa kecewa mereka ditinggal. Apalagi melihat peta perbincangan berubah drastis hanya dalam waktu beberapa jam paska deklarasi. Kini Kang Emil akan menemui jalan terjal di dunia maya atas pilihannya” tutup Angga.

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*