Meninggal Saat Padamkan Kebakaran Hutan, Netizen Sampaikan Apresiasi Kepada Pak Dulman

Pak Dulman, Polisi Hutan Meninggal Saat Memadamkan Kebakaran – sumber foto: Istimewa

Di kala berbagai wilayah Indonesia didera kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan, perhatian publik tiba-tiba tersedot pada sosok satu ini. Namanya Dulman Effendi, seorang polisi hutan (polhut) yang terkhir bertugas sebagai Kepala Resort Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Pria 56 tahun ini diketahui meninggal dunia saat tengah berupaya memadamkan api kebakaran di wilayah Blok Pasir Perahu yang masuk wilayah kerjanya.

Pak Dulman, begitu pria ini akrab disapa, pada Jumat, 11 September 2015 pukul 13.00 WIB bersama tim Pemadam Kebakaran Hutan mendeteksi adanya titik api di 3 lokasi Blok Pasir Perahu Sukabumi. Mereka kemudian berangkat ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Upaya pemadaman ini berlangsung hingga keesokan harinya, Sabtu 12 September 2015. Sekitar pukul 08.00 WIB, tiba-tiba Pak Dulman ambruk tak sadarkan diri dan kemudian meninggal dunia. Diduga pria yang bertanggungjawab mengurusi lahan 337,4 hektar di Hutan Cikepuh ini meninggal karena kelelahan dan terlalu banyak mengirup asap kebakaran.

Selama bertugas, Pak Dulman dikenal sebagai sosok yang berani dan bertanggung jawab. Dulman disebut tidak mengenal libur bila sedang terjadi kebakaran hutan. Selain humoris dan akrab dengan bawhan, Dulman dikenal tidak ragu-ragu turun langsung ke lapangan saat bertugas.

Atas keberanian dan pengorbanannya, Dulman Effendi diaugerahi kenaikan pangkat dan dianugerahi gelar Anumerta oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jenazah Pak Dulman dimakamkan tak jauh dari rumah duka di Kecamatan Cilaku, Cianjur pada minggu 13 September 2015 pukul 09.45 WIB.

Bagaimana publik, khususnya netizen Indonesia atas kabar meninggalnya polisi hutan Pak Dulman saat memadamkan kebakaran di Sukabumi? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 13 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 2.529 tweet yang membicarakan tentang sosok Dulman Effendi sang polisi hutan.

Sebanyak 596 tweet dicuitkan netizen yang mengenang Pak Dulman sebagai petugas yang berdedikasi dalam pelestarian hutan dan satwa, khususnya badak di kawasan suaka marga satwa Cikepuh Sukabumi Jawa Barat.

Netizen menyampaikan kesedihan saat mendengar kabar meninggalnya Pak Dulman saat bertugas memadamkan kebakaran hutan di wilayah kerjanya. Lewat 459 tweet netizen menyebut Pak Dulman kelelahan dan terlalu banyak menghirup asap sehingga meninggal dunia.

Netizen juga menyampaikan apresiasi atas perjuangan dan dedikasi Pak Dulman dalam menjalankan tugasnya sebagai polisi hutan. Sebanyak 510 tweet menyebut sosok pak Dulman harus dikenang sebagai sosok yang bertanggungjawab dan rela berkorban.

***

Loading...

One thought on “Meninggal Saat Padamkan Kebakaran Hutan, Netizen Sampaikan Apresiasi Kepada Pak Dulman

  1. Yazid

    Saya nyaksiin sendiri gimana semangat nya beliau dalam mengemban tanggung jawabnya, tiga hari sblm beliau wafat saya bersama dengan beliau, beliau memang pantas di sebut sebagai pahlawan, jasamu akan kami kenang selalu pa, semangat mu akan selalu jd motivasi kami

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend