Menolak Kriminalisasi, Netizen Ramaikan Tagar #KamiBersamaDandhy

Menolak Kriminalisasi, Netizen Ramaikan Tagar #KamiBersamaDandhy

Foto: Twitter @SorgeMagz

Koalisi Masyarakat Sipil Indonesia meminta Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk mengeluarkan pernyataan sikap terkait laporan yang dibuat Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) ke Polda Jatim, terhadap jurnalis Dandhy Dwi Laksono.

“Sebenarnya yang melaporkan ini Repdem dan laporan itu bukan dilakukan oleh Megawati. Jadi kami masih berbaik sangka bahwa hal ini tidak diperintahkan Megawati. Karena kalau diperintahkan harusnya ada surat kuasa,” ujar Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati di Jakarta, Jumat (8/9).

“Kami meminta kepada beliau untuk memberikan arahan kepada kader partai guna menghentikan tindakan-tindakan seperti ini, karena tidak sesuai spirit PDIP,” katanya melanjutkan.

Sementara itu, netizen terlihat ramai menolak atas penangkapan jurnalis Dandhy Dwi Laksono melalui tagar #KamiBersamaDandhy. Sebagian besar netizen menyebutkan bahwa pembungkaman terhadap kritik mengancam demokrasi.

Sementara, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta meminta agar masyarakat memberikan dukungan kepada Dandhy dengan menggunakan tagar #KamiBersamaDandhy. Tujuan himbauan oleh LBH agar masyarakat tidak takut terhadap kriminalisasi dan berani berpendapat.

LBH Jakarta juga berpendapat bahwa Kasus Dandhy ini menambah panjang deretan kemerdekaan warga negara untuk berpendapat dan berekspresi di Indonesia yang direpresi. Kritik warga terhadap penguasa ditanggapi dengan pelaporan pidana ke polisi. Ekspresi politik dimaknai ancaman bagi pemerintah. Opini warga dilawan dengan upaya pidana.

Seperti diketahui, Organisasi sayap PDI-Perjuangan, Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Jawa Timur, sebelumnya melaporkan Dandhy Dwi Laksono ke Polda Jawa Timur. Dandhy dianggap telah menebarkan kebencian kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo melalui status Facebook yang diunggahnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend