Netizen Bicarakan Helikopter Presiden Yang Rusak Rumah Warga Kabupaten Bandung

Helikopter Presiden Rusak Rumah Warga – sumber foto: Istimewa

Minggu 5 Juli 2015 kemarin, Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit V yang dikelola PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kedatangan Presiden beserta rombongan di lokasi menggunakan helikopter Super Puma yang merupakan helikopter kepresidenan.

Namun sayang, karena lokasi pendaratan di Lapangan Duma yang berjarah sekitar 100 meter dari rumah warga, terjadi insiden kerusakan terhadap setidaknya 14 atap rumah warga sekitar. Kerusakan ini diakibatkan kuatnya angin putaran baling-baling helikopter tersebut yang menyebabkan atap rumah warga yang mayoritas semi permanen rusak berterbangan.

Menanggapi insiden yang diakibatkan helikopter yang dinaikinya, Presiden Joko Widodo merespon dengan menyatakan akan memberikan ganti rugi kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Tak berapa lama, Panitia Penyelenggara Peresmian PLTP Kamojang telah menyelesaikan penggantian biaya perbaikan kerugian untuk 14 rumah sebesar masing-masing Rp 1 juta rupiah. Hal ini dikonfirmasi Biro Pers Kepresidenan.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kerusakan atap rumahw arga akibat kedatangan Presiden dengan menaiki helikopter Super Puma? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 5 – 7 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 6.282 membicarakan tentang kedatangan Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit V.

Sebanyak 276 tweet menyebut Jokowi datang menaiki helikopter ke lokasi di Kabupaten Bandung tersebut. Netizen banyak yang menyoroti insiden rusaknya belasan rumah warga akibat putaran baling-baling helikopter yang dinaiki presiden. Sebanyak 1.299 tweet menyebut soal hal ini.

Sementara itu, respon Presiden Joko Widodo yang memberikan ganti rugi kepada para warga yang rumahnya mengalami kerusakan mendapat apresiasi dari netizen lewat 342 tweet.

***

One thought on “Netizen Bicarakan Helikopter Presiden Yang Rusak Rumah Warga Kabupaten Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*