Netizen Dukung Ali Sadikin Diusulkan Ulang Jadi Pahlawan Nasional

Pahlawan

(Sumber foto: dunia-es.blogspot.com / www.satuharapan.com)

Nama Ali Sadikin yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta perode 1966-1977 kembali diusulkan untuk menjadi calon Pahlawan Nasional bulan Maret lalu. Pemprov DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat telah merancang usulan tersebut agar nama mantan Gubernur DKI, Ali Sadikin diabadikan menjadi pahlawan nasional.

Sebenarnya tahun 2010 lalu, Pemprov DKI juga sudah pernah mengusulkan nama Ali Sadikin, namun saat itu masih gagal karena adanya masalah persoalan administrasi teknis, terutama untuk kajian akademisnya. Sehingga kita akan ulang lagi pengusulannya tahun ini.

Seperti disampaikan Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat di Jakarta, bulan Maret lalu,memang Ali Sadikin sudah saatnya untuk diberi gelar Pahlawan Nasional, karena sumbangsihnya selama 11 tahun memimpin Jakarta.

Menurutnya lagi, Ali Sadikin sangat pantas menyandang gelar Pahlawan Nasional karena telah banyak menyumbangkan ide dan gagasannya untuk kemajuan ibu kota. “Ali Sadikin sebagai Gubernur yang dipercaya Presiden RI pertama, Soekarno untuk membenahi Jakarta selama 11 tahun,” lanjut Djarot.

Ali Sadikin yang merupakan ayah kandung dari Boy Bernadi Sadikin itu merupakan sosok pemimpin yang telah meletakan dasar pembangunan di ibukota. Ke depan setelah kajian akademis rampung, pihaknya segera menyerahkan usulan tersebut kepada Kementerian Sosial.

Selain usulan pemberian gelar pahlawan nasional, kata Djarot, pihaknya juga tengah mengkaji penamaan Ali Sadikin di gedung yang berada di areal Balaikota. “Nanti Gedung Blok G kita ganti namanya jadi Ali Sadikin, karena gedung itu beliau yang bangun,” ujar mantan Walikota Blitar ini.

Bukan hanya itu, lanjut Djarot, pihaknya juga sedang menggodok nama Ali Sadikin menjadi nama salah satu jalan di ibukota. “di daerah kelahirannya, Sumedang sudah ada nama Jalan Ali Sadikin, tapi di Jakarta malah belum ada,” jelas Djarot.

Pantauan redaksi eveline periode 12 April 2016 pada media sosial twitter, mendapati netizen memperbincangkan tentang pengusulan ulang Ali Sadikin sebagai Pahlawan Nasional. Tercatat sebanyak 552 tweet dilontarkan netizen.

Berikut komentar netizen pada linimasa twitter yang terpantau tim redaksi eveline. Adalah A.M Fatwa salah satunya yang melontarkan kicauan melalui akun twitter pribadinya dengan nama Senator A.M. Fatwa (‏@AMFatwa), mengenai sebuah seminar nasional yang digelar guna pengusulan ulang Ali Sadikin sebagai pahlawan Nasional di Auditorium Sri Baduga Bandung.

“Seminar nasional pengusulan ulang Alm. Ali Sadikin sebagai Pahlawan Nasional”, “bertempat di Auditorium Museum Sri Baduga, Kota Bandung”, dikicaukan @AMFatwa yang disisipkan lewat hastag #BangAliPahlawan.

AM Fatwa pun nampak menyebutkan lagi, hadir dalam seminar tersebut Prof. Dr. Haryono Suyono, dan dua sejarahwan Dr. Nina Herlina Lubis, dan Dr. Asvi Marwan Adam, “bersama Prof. Dr. Haryono Suyono, Dr. Nina Herlina Lubis, dan Dr. Asvi Marwan Adam”. Tulis @AMFatwa menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend