Netizen Dukung Petisi Online Tolak Gelar Dr HC Megawati Dari UNPAD

Petisi online

(Sumber foto: www.tokohindonesia.com/surabayanews.co.id )

Sebanyak ratusan orang tercatat telah menandatangani sebuah petisi yang disampaikan lewat petisi daring Change.org, hingga Rabu (25/5) siang ini. Petisi itu menolak pemberian gelar Doktor Honoris Causa (HC) untuk Megawati Soekarnoputri dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.  

Petisi online berisi penolakan itu dibuat oleh Genta Bijaksana yang ditujukan kepada Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Tri Hanggono Muhammad dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

Pemberian gelar tersebut dinilai menyalahi aturan administratif. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2013 pasal 3 poin B disebutkan bahwa penerima gelar Doktor HC harus memiliki gelar akademik paling rendah sarjana (S1) atau setara dengan level 6 (enam) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sedangkan Megawati, tulis Genta, menurut beberapa sumber gagal menyelesaikan studi sarjananya di Fakultas Pertanian Unpad.

Petisi itu kemudian mempertanyakan kelayakan Megawati mendapatkan gelar Doktor HC. Disebutkan pula bahwa gelar HC dalam dunia akademik memiliki nilai prestise, sebuah kebanggaan terhadap karya anak bangsa dan sumbangsihnya terhadap tatanan peradaban.  “Apa sumbangsih besarnya terhadap negeri ini? Apakah maknanya teramat jelas, ataukah hanya simplistik yang kemudian di suatu momen perlu diberikan gelar teramat presitisius ini” tulis petisi tersebut.

Lebih jauh, petisi itu membeberkan kebijakan Megawati yang tak memihak ke rakyat, di antaranya privatisasi BUMN, penjualan harga LNG di bawah harga pasar, pelanggaran HAM, konflik horizontal, lemahnya penegakan hukum, dan segudang kasus lainnya. “Menjadi wajar jika kami alumni muda Unpad merasa perlu bertanya lebih jauh ada apa gerangan atas pemberian gelar kehormatan ini kepada Ibu Megawati Sukarnoputri,” tulis Genta.

Pantauan redaksi eveline  pada media sosial twitter, mendapati netizen perbincangkan mengenai petisi online yang menolak pemberian gelar Doktor Honoris Causa (HC) untuk Megawati Soekarnoputri dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Berikut komentar netizen pada linimasa twitter yang terpantau tim redaksi eveline.

Beberapa komentar oleh netizen terpantau memberikan dukungan terhadap petisi online tersebut, diantaranya seperti, “banyak aset yang menguntungkan dijual sih”, kicau akun @hilmankus, nampak menyebut banyak aset yang seharusnya menguntungkan Negara justru dijual di era kepemimpinan Megawati.

Hingga seorang netizen dengan akun @OdyiusJacare, mempertanyakan apakah Megawati masuk kriteria penerima gelar Doktor Honoris Kausa dari UNPAD, @ananq_ma la itu dia apa mega udh msk kriteria”.

Sedang netizen lain turut mempertanyakan hal ini kepada UNPAD sebagai pemberi gelar, “ada apa dengan UNPAD?”, disampaikan akun @regeta55.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend