Netizen Dunia Dikejutkan Kudeta Militer Gagal Di Turki

Foto : CNN

Pemerintah Turki secara resmi membuat pernyataan bahwa telah terjadi percobaan kudeta militer. Situasi saat ini sudah dapat dikendalikan oleh aparat militer dan kepolisian Turki. Kudeta tersebut gagal mengingat petinggi militer di Turki menyatakan tidak mendukung dan menolak upaya kudeta.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim seperti dikutip Reuters mengatakan upaya kudeta itu dilakukan oleh anggota militer pengikut ulama Turki yang berada di Amerika Serikat, Fethullah Gulen.

Sementara, pasukan pro pemerintah dilaporkan telah kembali menguasai beberapa lokasi penting di Istanbul dan Ankara, termasuk gedung parlemen dan stasiun televisi.  Juru bicara badan intelijen nasional Turki juga mengatakan upaya kudeta “digagalkan”. Menurut mereka, tindakan kudeta dilakukan hanya oleh faksi kecil dari militer dan tidak mendapat restu dari para jenderal.

Media CCN-Turk melaporkan adanya ledakan besar terdengar di ibu kota, Ankara. Suara tembakan juga terdengar di Bandara Ataturk di Istanbul. Sedangkan penerbangan dari dan ke Turki dibatalkan.

Kabar tentang percobaan kudeta di Turki cukup mengagetkan banyak pihak. Hingga Sabtu (16/7) pagi, tercatat sebanyak lebih dari 967 ribu tweet berkicau tentang kudeta gagal di Turki melalui kata kunci “Erdogan”. Sementara, lebih dari 1 juta tweet digunakan netizen perbincangkan kudeta gagal melalui taggar #Turkey.

Seorang netizen melaporkan, paska kudeta gagal, rakyat Turki turun ke jalan-jalan mendukung pemerintahan Erdogan. Jelang subuh jumlah massa yang turun terlihat membesar seiring dengan suasana yang makin kondusif. “people came against the coup in Turkey. 04:00 o’clock at night ..” tulis akun @ebubekiryaman.

Menanggapi kudeta yang gagal, netizen lainnya mencoba mengingatkan akan kebiasaan Erdogan yang gampang menyalahkan pihak lain jika terjadi sesuatu yang buruk di Turki. “Keep in mind whenever anything bad happens in Turkey, regardless of the culprit, Erdogan blames his political opponents (Kurds, Gulen, etc)” terang akun @lhfang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend