Netizen Geram Terhadap Pencurian Bagasi Pesawat Oleh Porter Bandara

Pencurian Bagasi Pesawat

Pencurian bagasi pesawat oleh oknum porter bandara, membuat geram publik tanah air. Petugas Kepolisian Bandara Soekarno-Hatta berhasil membongkar praktik pencurian bagasi pesawat, dimana sang pelaku merupakan porter dari Maskapai Lion Air. Menurut pihak kepolisian, pencurian dilakukan secara sistematis dengan melibatkan petugas keamanan maskapai swasta tersebut.

Pengusutan berawal dari kejadian pada 16 November 2015 lalu, dan pada Sabtu (2/1) malam, petugas akhirnya berhasil menyaksikan langsung mata rantai sindikat pencurian setelah aksi mereka terekam kamera pemantau (CCTV) yang dipasang oleh pengelola bandara, PT Angkasa Pura II. Empat tersangka dibekuk, masing-masing berinisial A, A, M, dan S. Dalam rekaman CCTV terlihat keempat oknum porter Lion Air itu dengan leluasa membongkar tas dan koper penumpang, guna mencari barang berharga.

Pantauan redaksi eveline pada 3-4 Januari 2016 di media sosial twitter, mendapati sebanyak 7.205 tweet perbincangan tentang pencurian bagasi pesawat. Dimana pada 3 Januari jumlah kicauan mencapai 4.136 tweet dan 4 Januari jumlah kicauan mencapai 3.066 tweet. Perbincangan tentang pencurian bagasi pesawat menjangkau 1.362.589 akun twitter.

Salah seorang tersangka berinisial S beralasan terpaksa mencuri, karena sudah menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan oleh pekerja porter Lion Air. S mengaku ditekan seniornya jika menolak mencuri dan akan dipukuli. S juga mengakui bahwa tenaga keamanan maskapai itu juga terlibat dalam aksi pencurian. Peran petugas keamanan maskapai yakni membantu melihat kondisi sekeliling, sebelum porter membongkar tas penumpang dan mencuri barang berharga di dalamnya.

Beragam komentar di cuitkan para netizen pada media twitter, Seperti kicauan akun Alvin Lie ⚽ ‏@alvinlie21, “Edan! Pencurian di Bagasi Pesawat Dilakukan Secara Sistematis”,  serta akun @kanjengmami10, yang mengatakan “Ngeri..indonesia tuh kaya gak aman dimanapun..bagasi pesawat aja rawan pencurian..malu sama wisatawan asing, Sama halnya dengan akun twitter @captainate, “Kasus pencurian/pembobolan bagasi penumpang pesawat ini ga ada kapoknya. Pdhl udh sering masuk berita, semacam ada yg lindungi mereka”.

Mengutip merdeka.com, pihak humas maskapai Lion Air, Andy Saladin mengatakan. Jika ada penumpang melaporkan kehilangan barang di bagasi pesawat, dia menjanjikan akan diusut dengan baik. Andy juga menambahkan “Kita investigasi sama-sama. Apabila memang ada security maskapai yang terlibat dan ada barang buktinya, akan diserahkan ke pihak kepolisian,”

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend