Netizen Heboh Beredar Buku SD Yerusalem Ibukota Israel

Netizen Heboh Beredar Buku SD Yerusalem Ibukota Israel

Foto: jawapos / kabar24

Netizen Indonesia, terutama pengguna twitter dihebohkan peredaran buku Ilmu pengentahuan Sosial (IPS) berisikan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Buku yang dimaksud adalah Mata Pelajaran IPS untuk kelas 6 SD. Sementara Ibukota Palestina terlihat dikosongkan.

Terkait hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan sudah menarik tautan tersebut dari situs Kemendikbud. Dia mengatakan ada ketidakcermatan hingga e-book tersebut diunggah.

“Buku tersebut sejak pagi ini sudah dihapus dalam daftar BSE Kemendikbud,” kata Muhadjir lewat pesan singkat, Selasa (12/12/2017).

“Itu sebuah kekhilafan yang memalukan. Menurut Kapuskurbuk (kepala pusat kurikulum dan perbukuan) buku tersebut masuk BSE tahun 2008. Ada ketidakcermatan Tim Penilai Buku dalam menetapkan buku tersebut sebelum diunggah ke laman BSE Kemendikbud,” sambungnya.

Muhadjir mengatakan sudah meminta kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad untuk menelusuri hal tersebut.

“Saya sudah meminta Dirjen Dikdasmen untuk menelusuri siapa yang harus bertanggung jawab atas kehilafan tersebut,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Menariknya, seorang netizen memberikan data bahwa ibukota Israel adalah Yerusalem. Netizen pemilik akun @Mentimoen melansir berdasarkan data wikipedia.

Protes terhadap isi buku tersebut tidak saja datang dari netizen. Pencantuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada buku terbitan Yudhistira, Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama juga menyatakan protes.

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU), H Arifin Junaidi mengungkapkan penyebutan Yerusalem sebagai Ibu Kota Negara Israel bertentangan dengan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa Kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend