Netizen Indonesia Terbanyak Di Dunia Bicarakan Hoax

Foto: Istimewa

Penyebaran berita atau informasi palsu alias Hoax saat ini menjadi perhatian banyak pihak. Penyebaran informasi palsu dianggap sudah meresahkan. Bahkan saling tuding terjadi sebagai pelaku penyebar informasi palsu.

Terbaru, pemerintah Indonesia mengkampanyekan gerakan #BijakMelawanHoax, menyusul ditutupnya sejumlah portal pemberitaan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tak ketinggalan, netizen Indonesia juga ramai menuding pemerintah melalui media pemberitaan juga menyebarkan Hoax. Tuduhan tersebut dilayangkan netizen sehubungan dengan kutipan pemberitaan media Bloomberg.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pelaku penyebar hoax terancam 6 tahun penjara yang diatur dalam UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penyebaran isu hoax diatur dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Selain terancam 6 tahun penjara, pelaku juga terancam denda maksimal Rp 1 miliar.

Soal hoax pada dasarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di seluruh negara di dunia. Hal ini terpantau oleh redaksi eveline pada periode 4-10 Januari 2017. Pantauan pada linimasa Twitter selama sepekan menemukan sebanyak 198.728 tweet dilayangkan netizen dunia dengan kata kunci Hoax.

Menariknya, soal hoax ternyata hanya ramai pada linimasa twitter yang berasal dari Indonesia dan Amerika Serikat dibandingkan negara-negara lainnya. Hingga berita ini dimuat oleh redaksi, kata kunci hoax dipergunakan oleh netizen asal Indonesia sebanyak 104.374 tweet.

Sementara netizen Amerika menjadi terbanyak kedua setelah netizen Indonesia. Kata kunci hoax digunakan oleh netizen Amerika Serikat sebanyak 68.494 tweet pada periode yang sama. Kasus penculikan seorang remaja kulit putih oleh empat orang remaja kulit hitam menjadi pemicu tingginya perbincangan tentang hoax.

Bagaimana dengan negara-negara diluar Indonesia dan Amerika Serikat? Inggris dan Somalia menjadi negara ketiga dan keempat terbanyak perbincangkan isu hoax. Meskipun jumlah tweet yang dilayangkan netizen kedua negara tersebut terbilang sangat kecil.

Jumlah kicauan netizen asal Inggris dengan kata kunci hoax terpantau 3.221 tweet. Disusul oleh netizen asal Somalia dengan jumlah kicauan mencapai 2.230 tweet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *