Netizen Kritik Usul Luhut Untuk Jual BUMN

Luhut Dukung Singapura Kelola Pelabuhan Indonesia, Begini Komentar Netizen

Foto: Ilustrasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyoal dominasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ekonomi dalam negeri.

Menurut Luhut, salah satu penyebab dominasi BUMN di ekonomi dalam negeri adalah jumlah BUMN dan anak usahanya yang sudah terlalu banyak dan besar. Hitungan Luhut, saat ini jumlah BUMN dan anak usaha BUMN mencapai sekitar 700 perusahaan.

Oleh karena itu, Luhut mengaku telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membenahi BUMN. Salah satu solusi yang ditawarkan ke Presiden Jokowi adalah dengan merestrukturisasi atau menjual BUMN.

“Saya bilang ke Presiden, ini tidak sehat,” ujarnya, Selasa (26/9).

Usulan ini mendapat kritik cukup keras dari netizen Indonesia. Salah satu yang menjadi sasaran kritik netizen adalah urgensi dan tujuan terhadap rencana penjualan BUMN.

Sementara akun yang menamakan dirinya @pbbkotamedan justru mengingatkan Presiden Joko Widodo terhadap rencananya untuk membeli kembali saham Indosat.

Sebelumnya, Bank Dunia juga mengkritik dominasi BUMN di Indonesia. Bank Dunia menyatakan Pemerintah Indonesia tak seharusnya menempatkan BUMN bersaing langsung dengan swasta. Pemerintah harus mendorong peran swasta lebih besar dalam pembangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend