Netizen Menolak Wacana Pembubaran KPK

pihak ketiga

Foto: Ilustrasi

Anggota Pansus Hak Angket KPK di DPR Henry Yosodiningrat meminta agar KPK dibekukan. Permintaannya dilandasi temuan-temuan yang sudah didapat pansus angket sejauh ini.

“KPK tidak boleh berpolitik, ketika nanti, umpama ada wacana pemerintah bersama dengan DPR untuk merevisi UU, nggak usah sewot. DPR mesti mengundang instansi yang menggunakan UU itu. Sebagai pelaksana UU ya laksanakan UU yang sudah dibuat pemerintah bersama DPR,” ujar Henry.

Hal tersebut disampaikannya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/9/2017). Soal kemungkinan rekomendasi yang akan diberikan pansus angket, Henry belum bisa berandai-andai.

Dia juga berharap pemerintah mau menerima rekomendasi yang diberikan pansus angket KPK. Termasuk apabila ada rekomendasi soal pembekuan KPK.

“Gimana kita bisa meyakinkan pemerintah, publik, bahwa temuan pansus ini adalah suatu keadaan yang harus diperbaiki. Siapapun yang dengar, mengetahui itu harus menerima. Rekomendasi dari kita apa misalnya, merevisi (UU KPK),” kata politikus PDIP itu.

Sementara itu, PKB tegas menolak usul politikus PDIP Henry Yosodiningrat untuk membekukan KPK melalui rekomendasi Pansus Hak Angket KPK. PKB menyebut usul Henry sangat berlawanan dengan rakyat.

“Saya rasa itu melawan kehendak rakyat. Yang kita butuhkan adalah rekomendasi yang memperbaiki kekurangan KPK sehingga KPK berjalan sesuai rel konstitusi,” kata Wasekjen PKB Daniel Johan dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2017).

Menurut Daniel, yang rakyat inginkan adalah KPK yang semakin baik dan semakin kuat. KPK, menurutnya, harus didukung untuk mengusut kasus-kasus korupsi yang besar.

Netizen juga terlihat memberikan reaksinya terhadap wacana pembubaran lembaga anti korupsi tersebut. Netizen bahkan menyerukan perlawanan terhadap keinginan pembekuan KPK tersebut.

Perndapat serupa juga disampaikan oleh praktisi hukum lainnya, Ruhut Sitompul yang menyebutkan bahwa Indonesia berduka karena rencana pembubaran KPK tersebut.

Menanggapi rencana tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan partainya sama sekali tak punya niat membekukan KPK.

“Partai tidak berada pada posisi meminta pembubaran atau pembekuan. Rekomendasi yang dipersiapkan partai tetap bertitik tolak pada tugas KPK di dalam mencegah dan memberantas korupsi,” jelas Hasto kepada wartawan, Sabtu (9/9/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend