Netizen Protes Pengenaan Biaya Top Up E-Money

Pengenaan Biaya Isi Ulang e-Money Akan Dikaji, Netizen Berkomentar

Foto: Istimewa

Rencana pengenaan biaya top up e-money diminta ditinjau ulang. Anggota Komisi XI DPR Ecky Awal Mucharam mengatakan, Fintech termasuk uang elektronik memang perlu didorong.

”Tetapi jangan dengan membebani masyarakat dan hanya menguntungkan penyedia jasa,” ujar Ecky, dalam siaran persnya, Senin (18/9). Ecky menjelaskan kemajuan Fintech seharusnya menghadirkan efisiensi keuangan dan kemudahan. Ia menilai, tidak menjadi masalah jika uang elektronik ini hanya bersifat pengganti uang tunai yang nilainya setara.

Tetapi, jika untuk memperoleh uang elektronik itu masyarakat dibebani biaya, artinya uang elektronik itu bukan lagi menjadi alat tukar yang setara, tetapi sudah terjadi monopoli jasa. Ia menyatakan, sebetulnya bank sudah dapat keuntungan dari uang deposit yang mengendap tersebut. ”Padahal dari deposit sendiri margin-nya sudah tinggi karena bagi bank ini uang murah. Sekarang mau ditambah lagi biaya top up,” ujarnya.

Kondisi ini ternyata menyulut protes netizen Indonesia melalui linimasa twitter. Pengenaan biaya tambahan biaya untuk isi ulang e-Money ditolak oleh netizen.

Rencana Bank Indonesia (BI) untuk membebankan biaya isi ulang uang elektronik kepada konsumen dikarenakan perlunya biaya investasi untuk pengembangan sarana untuk transaksi nontunai.

Menurut Direktur Distribution and Services Mandiri Syariah, Edwin Dwidjajanto, salah satu pertimbangan perlu adanya biaya top updikarenakan biaya investasi yang cukup tinggi untuk sistem dan infrastruktur uang elektronik.

Perbankan, kata dia, selama ini belum meraup untung berupa fee based income dari penerbitan kartu uang elektronik, sementara biaya investasi yang diperlukan cukup tinggi. Sementara di sisi lain dana yang terkumpul tidak boleh dianggap sebagai dana pihak ketiga (DPK), sehingga tidak bisa dijadikan sumber untuk pembiayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend