Netizen Ramai Ucapkan Selamat Hari Santri Melalui #HariSantri2017

Foto: Ilustrasi

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Peringatan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkan Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa penetapan Hari Santri merupakan bentuk rekognisi atau pengakuan pemerintah terhadap para santri.

Menurut Menag, jasa santri , kyai dan pesantren sangat besar bagi bangsa. Peran dan kontribusi pesantren bahkan sudah dilakukan sejak sebelum berdirinya Indonesia. Melalui lembaga pendidikan keagamaan, pesantren menjalankan tugas mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu, sudah semestinya Negara memberikan rekognisi dan penghargaan kepada santri, kyai, dan pesantren.

Tema yang dipilih pada peringatan Hari Santri tahun ini adalah “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”. “Wajah pesantren kental dengan moderasi Islam dan itu juga yang menjadi wajah Islam Indonesia,” ujar Menag.

Peringatan hari santri yang jatuh tepat pada Minggu (22/10) ramai mendapat perhatian netizen Indonesia. Ucapan Selamat Hari Santri bahkan terlihat menghiasi linimasa media sosial, utamanya twitter sejak Minggu pagi.

Sejumlah politisi juga terlihat ramai mengucapkan selamat Hari Santri 2017. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebutkan menjadi santri menyenangkan.

Puncak peringatan Hari Santri akan digelar di Simpang Lima Semarang pada Sabtu (21/10) siang. Peringatan ini akan dimeriahkan dengan pembuatan komik terpanjang di atas 300m kanvas.  Malam harinya, digelar  pembacaan shalawat bertajuk “Malam Shalawat Kebangsaan Hari Santri 2017”.

Menag bersama kyai dan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya akan memadati lapangan Simpang Lima Semarang untuk bersama-sama menyenandungkan shalawat Nabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend