Netizen Soroti Penembakan Helikopter TNI di Papua

Helikopter TNI Ditembak di Papua – sumber foto: Istimewa

Ancaman keamanan di Papua sepertinya belum benar-benar bisa dituntaskan. Pada Kamis 6 Agustus 2015 kemarin, sebuah Helikopter Bolgo milik TNI Angkatan Darat yang tengah bertugas di Papua ditembak. Helikopter yang dikemudikan Kapten Penerbang I Ketut Adi Saputro tengah mengantar logistik bagi prajurit TNI di Yonif 754 /ENK di Pos Jila Distrik Jila.

Berangkat dari dari Timika, helikopter sampai di wilayah tujuan sekitar pukul 07.55 WIT, namun karena buruknya cuaca, pilot yang sempat berputar-putar di sekitar tujuan untuk mencari celah agar dapat mendarat memutuskan untuk kembali ke Timika.

Di saat itulah, pilot dan kopilot merasakan adanya benda yang menghantam badan pesawat sebelah kiri. Begitu mendarat di Hanggar Air Fast Timika, pengecekan dilakukan petugas menemukan lubang mirip lubang hasil tembusan peluru di bagian fuel shell sebanyak dua buah.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Wuryanto sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com menyebut “Tim menduga lubang itu hasil dari proyektil peluru 5,56 milimeter. Tapi proyektilnya belum ketemu hingga saat ini.” Masih menurut Brigjen Wuryanto, helikopter tersebut beruntung tidak mengalami kecelakaan atau bahkan meledak akibat tembakan. Pihak TNI AD juga belum bisa memastikan siapa pelaku penembakan.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas penembakan helikopter TNI di Papua? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 6 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 1.750 tweet membicarakan tentang penembakan helikopter TNI di Papua.

Netizen menyebut kejadian penembakan berlangsung saat cuaca di lokasi sedang buruk. Hal ini dinyatakan sebanyak 950 tweet. Mengenai pelaku penembakan netizen Indonesia belum bisa memastikan identitasnya. Lewat 610 tweet netizen menyebut pelaku orang tak dikenal.

Terkait dengan penyelidikan pelaku penembakan, saat ini pihak TNI masih mencari proyektil peluru yang ditembakkan ke helikopter. Hal ini disebut netizen sebanyak 310 tweet. Sementara itu, dugaan OPM berada di belakang aksi penembakan helikopter ini disebut netizen lewat 297 tweet, meskipun pihak TNI tidak secara tegas menyebut peran gerombolan pengacau keamanan ini.

***

3 thoughts on “Netizen Soroti Penembakan Helikopter TNI di Papua

  1. @maulidiaku

    satu bangsa satu tanah air indonesia jangan saling mengganggu, damai dong……, baru aja selesai kasus pembakaran masjid sudah timbul lagi penembakan helikomper tni

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend