Pasar Gembrong Terbakar, Netizen Ramai Bercuit di Medsos

Netizen Bicara Pasar Gembrong Terbakar – sumber foto: Istimewa

Pasar Gembrong Jatinegara terbakar pada Selasa, 4 Agustus 2015 kemarin. Si jago merah dilaporkan mulai berkobar pada pukul 21.20 WIB. Ratusan warga sekitar dan pedagang terlihat panik dan berusaha memadamkan api yang merambat di kios-kios pasar sentra mainan terbesar di Jakarta tersebut.

Lebih dari 29 mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur dikerahkan ke lokasi. Hingga pukul 23.10 WIB semalam, petugas masih berusaha memadamkan api dibantu warga sekitar. Sementara para pedagang kebanyakan berusaha menyelamatkan barang-barang dagangannya.

Menurut pengakuan beberapa saksi mata, api terlebih dulu membakar puluhan rumah semi permanen yang ada di tepi Kali Cipinang. Baru kemudian menjalar ke lokasi Pasar Gembrong yang padat kios mainan. Ada yang menyebut kebakaran disebabkan korsleting arus pendek listrik. Namun ada pula yang menyatakan kebakaran diakibatkan ulah warga yang membakar sampah di sekitar pasar.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas terbakarnya Pasar Gembrong di kawasan Jatinegara ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 4 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 14.605 tweet membicarakan tentang kasus kebakaran pasar yang marak terjadi di berbagai wilayah tanah air belakangan ini.

Sebanyak 5.466 tweet ramai bercuit membicarakan kebakaran Pasar Gembrong yang terjadi Selasa malam kemarin. Netizen menyatakan prihatin dengan kejadian ini dan berharap api segera bisa dipadamkan petugas dan warga sekitar.

Netizen juga menyoroti akibat kebakaran yang menjadikan arus lalu lintas menuju arah Kampung Melayu macet. Hal ini disebut netizen sebanyak 1.256 tweet, terutama oleh mereka yang saat kejadian melintas di sekitar lokasi.

Selain itu, netizen juga membicarakan susahnya upaya pemadaman api yang dilakukan petugas pemadam kebakaran lantaran akses jalan sempit dan kekurangan sumber air. Hal ini dibicarakan netizen lewat 502 tweet. Yang tak kalah menarik adalah, adanya sejumlah 478 tweet membagi cerita upaya warga sekitar melindungi sebuah masjid di kawasan Pasar Gembrong dari amukan di jago merah.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend