Pendukung Anies-Sandi Dominan Di Twitter Soal Isu Reklamasi

KPK

Foto: Istimewa

Pasangan Anies-Sandi sejak awal kampanye menyatakan dengan tegas menolak reklamasi teluk Jakarta. Menurut Anies, reklamasi teluk Jakarta memiliki dampak buruk bagi kehidupan sekitar 15 ribu nelayan. Terhadap pulau-pulau yang sudah terbangun, Anies-Sandi berkomitmen membukanya untuk kepentingan publik.

Sayangnya program tersebut bertolak belakang dengan kandidat petahana, Ahok-Djarot. Pasangan petahana ngotot bahwa reklamasi harus terus dilanjutkan. Gelombang penolakan pun tidak menyurutkan pria berkacamata ini untuk meneruskan reklamasi. Menurutnya, pelaksanaan reklamasi sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

Berada pada dua kubu yang berseberangan, tak pelak isu reklamasi membuat pendukung Anies-Sandi dan Ahok-Djarot terlihat rajin bersinggungan di media sosial. Pantauan melalui linimasa twitter, meskipun serangan terhadap Anies Baswedan menguat, pendukung Anies-Sandi cukup sukses menguasai dan menyebarkan opini penolakan reklamasi teluk Jakarta.

Peta Netizen Pendukung Anies-Sandi dan Ahok-Djarot Soal Isu Reklamasi

Pada grafik jejaring di atas, terlihat akun-akun pendukung dan penolak reklamasi cukup ramai bertebaran dengan jangkauan pengaruh lebih baik dibandingkan pendukung Ahok-Djarot. Akun-akun seperti @Reiza_Patters, @PrijantoRabbani terlihat mampu menjangkau netizen lebih luas.

Sementara berada pada kubu Ahok-Djarot adalah akun-akun yang selama ini selalu membela Ahok seperti @partaisocmed, @takviri dan @GunRomli. Pada grafik jejaring juga terlihat bahwa akun-akun pendukung Ahok-Djarot tidak menjangkau netizen lebih luas dalam isu mendukung kelanjutan reklamasi.

Soal reklamasi ditengarai menjadi salah satu faktor yang cukup signifikan mendulang suara Anies-Sandi. Azis Subekti, analis dan peneliti senior evello menyebutkan sikap anti reklamasi memang sudah terbangun lama di berbagai lapisan masyarakat. Tidak heran mereka kemudian berbondong-bondong untuk mendukung Anies-Sandi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*