Pengamat: Buzzer Mulai Fokus Pilkada DKI Putaran Kedua

Foto: Istimewa

Peneliti senior Evello, Azis Subekti menyebutkan bahwa netizen mulai fokus pada Pilkada DKI putaran kedua. Azis menyebutkan tidak hanya netizen yang mulai fokus, tetapi buzzer pun sudah mulai dikerahkan untuk mendukung putaran kedua pilkada DKI.

Menurutnya, berdasarkan pemantauan paska pencoblosan pilkada DKI pada 15 Februari lalu hingga Kamis 23 Februari 2017, perbincangan netizen tentang Agus-Sylvi cenderung menurun. Sementara perbincangan mengenai Ahok-Djarot dan Anies-Sandi cenderung meningkat.

Azis mengungkapkan bahwa ada kecenderungan kedua pendukung pasangan calon untuk menguasai dan memimpin perang opini di media sosial. Berdasarkan data yang dipantau pada periode 16-23 Februari 2017, perbincangan tentang Ahok-Djarot mencapai 506.111 tweet.

Sementara perbincangan tentang Anies-Sandi mulai meningkat setelah lolos pada putaran kedua. Perbincangan Anies-Sandi mencapai jumlah mendekati separuh perbincangan Ahok-Djarot, berjumlah 270.203 tweet. Hal ini menunjukkan kedua pendukung mulai tancap gas memenangkan pertarungan opini di media sosial terang Azis.

Dalam upaya memenangkan opini, buzzer kedua pihak mulai fokus pada isu-isu spesifik terang Azis. Menurutnya, isu banjir dan reklamasi merupakan dua isu sentral yang digunakan oleh pendukung Anies-Sandi untuk mengkritisi lawan politiknya, Ahok-Djarot.

Hingga Kamis (23/2) isu banjir telah digunakan sebanyak 22.811 kali oleh pendukung Anies-Sandi. Sementara isu reklamasi mulai digunakan oleh pengusung Anies-Sandi sebanyak 2.258 kali.

Berbeda dengan pendukung Anies-Sandi, pendukung Ahok-Djarot mengambil sikap bertahan sekaligus menyerang. Menanggapi tingginya serangan soal banjir Jakarta, pendukung pasangan petahana ini menyatakan titik banjir di Jakarta sudah jauh berkurang dan banjir cepat surut.

Sebanyak 4.605 tweet diketahui berasal dari pendukung Ahok-Djarot yang ramai berkicau banjir Jakarta cepat surut sebagai bagian dari keberhasilan Ahok-Djarot. Bahkan sebanyak 12.825 tweet dikicaukan pendukung Ahok-Djarot untuk menyampaikan pesan bahwa titik-titik banjir jauh berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend