Perang Youtube Pilgub Jatim. Siapa Unggul?

Foto: Evellocorp

Persaingan perebutan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur mulai merambah situs berbagi video Youtube. Demikian kesimpulan yang diambil oleh lembaga pemantau media dan media sosial, evello. Menurut evello, hanya dalam periode 7-14 Februari 2018, terdapat 300 video di Youtube mengenai kedua kandidat pilgub Jatim 2018.

“304 video dalam sepekan pada dasarnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi sudah dapat digunakan sebagai indikator bahwa persaingan kedua kandidat sangat tajam. Evello membandingkan, pilgub Jawa Tengah dalam periode yang sama terpantau 94 video di Youtube” papar Azis Subekti, peneliti senior evello.

Berdasarkan pantauan evello, pasangan Gus Ipul-Puti unggul dalam menarik simpati pemilih melalui kanal Youtube. Interaksi video-video milik Gus Ipul-Puti unggul dibandingkan pasangan Khofifah-Emil.

Perbandingan Metriks Kandidat Pilgub Jatim pada Kanal Youtube

Perbandingan Metriks Kandidat Pilgub Jatim pada Kanal Youtube

“Menariknya, jumlah view Gus Ipul-Puti mencapai lebih dari separuh jumlah view pasangan Khofifah-Emil. Jika dilihat interaksinya berdasarkan jumlah likes, bisa dipastikan bahwa video-vidoe Gus Ipul-Puti ditonton karena memang disuka” papar Azis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend