Peringati 50 Tahun G30S PKI, Perbincangan Hashtag #G30SPKI Jadi Trending Topic

Tepat hari ini, tanggal 30 September 2015, Indonesia memperingati hari Gerakan 30 September PKI atau yang lebih dikenal dengan G30S PKI. Sejarah G30SPKI merupakan salah satu sejarah kelam yang tercatat dari sejaraha negeri ini.

Redaksi Eveline mencatat, perbincangan mengenai G30S PKI memenuhi linimasa Twitter pada tanggal 29-30 September 2015. Pemantauan yang dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System ini mendapati sebanyak 18.143 tweet berkicau tentang pemberontakan PKI.

Partai Komunis Indonesia yang merupakan dalang dari Gerakan 30 September PKI tersebut yang diketuai oleh Dipa Nusantara Aidit (DN. Aidit) yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan menginginkan pemerintahan Indonesia menjadi pemerintahan komunis.

Gerakan ini dimulai dari Jakarta dan Yogyakarta yang mengincar Dewan Jendral dan Perwira Tinggi. Awal mulanya gerakan ini hanya bermaksud untuk menculik dan membawa para Jendral dan Perwira Tinggi ke Lubang Buaya.

Namun, ada beberapa prajurit Cakrabirawa yang memutuskan untuk mebunuh Dewan Jendral dan Perwira Tinggi. Jendral yang dibantai oleh PKI kala itu diantaranya ialah Jendral Ahmad Yani dan Karel Satsuit Tubun, sisanya Jendral dan Perwira Tinggi meninggal dunia secara perlahan akibat luka penyiksaan di Lubang Buaya tersebut.

Gerakan pemberontakan 30 September 1965 atau yang dikenal dengan istilah gerakan G30S/PKI sedang ramai diperbincangkan. Hari ini hampir seluruh media dan forum publik, tak terkecuali para Netizen penghuni jagat dunia maya pun ikut memperingati 50 tahun tragedi G30S/PKI. Sebanyak 1.721 tweet netizen peringati 50 tahun G30S PKI.

Sementara itu di sisi lain dukungan juga mengalir deras dari para Netizen agar Negara tidak perlu meminta maaf kepada PKI. Netizen juga memberikan dukungan kepada Negara tidak perlu meminta maaf kepada PKI sebanyak 1.139 cuitan. Penolakan ini wajar terjadi mengingat kekejaman yang telah dilakukan PKI dan usaha untuk mengkhianati Negara Kesatuan Republik Indonesua, telah membuat luka yang dalam bagi bangsa Indonesia.

Netizen di media sosial twitter juga memperingati G30S PKI. Itu terlihat dari adanya hashtag #G30SPKI sebanyak 1.510 tweet.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend