Peringati Hari Lahir Soeharto, Netizen Ucapkan Selamat

Peringatan Hari Ulang Tahun Soeharto – sumber foto: Istimewa

Mungkin banyak dari kita yang tidak ingat, bahwa hari ini, tanggal 8 Juni adalah peringatan hari lahir Presiden Indonesia kedua, Soeharto. Presiden yang dikenal sebagai Bapak Pembangunan ini lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Soeharto merupakan anak ketiga dari Kertosudiro, seorang petugas pengatur air atau ulu-ulu, dengan Sukirah.

Soeharto secara de facto menggantikan Soekarno sebagai pucuk pemerintahan Republik Indonesia paska keluarnya Surat perintah 11 Maret 1966 sebagai buntut peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang diperkirakan menewaskan lebih dari setengah juta jiwa.

Secara resmi, Soeharto memerintah Indonesia sebagai presiden sejak 27 Maret 1968 hingga saat mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Soeharto banyak dikenang sebagai sosok yang bertanggungjawab atas pembangunan Indonesia selama lebih dari tiga dasawarsa di bawah kendali rezim Orde Baru yang didirikannya. Berbagai pencapaian di bidang ekonomi menjadi prestasi Soeharto. Meski banyak pihak menyebut Soeharto bertanggungjawab atas berbagai pelanggaran HAM dan maraknya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di Indonesia.

Soeharto meninggal karena kegagalan organ multifungsi di Jakarta, pada tanggal 27 Januari 2008. Proses pengadilan atasnya kemudian terhenti karena kematian ini. Jenazah Sang Jenderal Yang Selalu Tersenyum ini dimakamkan di samping makan istrinya, Siti Hartinah di kompleks pemakanan keluarga Astana Giri Bangun di Karanganyar Solo pada Senin 28 Januari 2008.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas peringatan hari lahir mantan Presiden Soeharto ini? Simak rangkuman redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 6 – 8 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat total 4.209 tweet memperbincangkan tentang mantan Presiden Soeharto.

Sebanyak 782 tweet dicuitkan netizen yang mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada sang Bapak Pembangunan ini. Netizen lewat 426 tweet juga menyebut banyak hal baik yang dicapai Indonesia di bawah kepemimpinan Soeharto.

Netizen juga menyebut banyak cita-cita besar Presiden Soeharto, seperti swasembada beras, tinggal landas, industri pesawat terbang dan lain sebagainya. Mereka yang menyatakan hal ini mencutikan 313 tweet. Lebih lanjut, sebanyak 616 tweet dari netizen yang menyatakan rindu jaman Soeharto dan menyatakan masa tersebut kehidupan lebih enak.

***

Loading...

2 thoughts on “Peringati Hari Lahir Soeharto, Netizen Ucapkan Selamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend