Pilgub Jabar: Demiz-Demul Terpopuler, Ridwan-Uu Opinion Leader

Foto: @evellocorp

Pemilihan kepala derah Jawa Barat menyisakan banyak kejutan. Berdasarkan penelusuran lembaga pemantau media dan media sosial evello, pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi mencapai popularitas tertinggi. Hasil tersebut diperoleh dengan memantau efek viral pemberitaan di media sosial terbesar, facebook.

“Pada periode pemantauan 6-13 Februari 2018, pasangan Demiz-Demul memiliki efek viral tertinggi berdasarkan pembagian berita di facebook. Berita pasangan Demiz-Demul dibagikan sebanyak 33.191 kali oleh pengguna Facebook. Jumlah ini mengungguli kandidat lainnya dalam Pilgub Jawa Barat” ujar peneliti senior Evello, Suherlan (Selasa, 13/2/2018).

“Berada pada urutan kedua adalah pasangan Ridwan-Uu. Jumlah share pemberitaan keduanya dibagikan sebanyak 26.371 kali di facebook. Menyusul berturut-turut adalah Sudrajat – Syaikhu dengan jumlah share 23.798 dan TB Hasanuddin – Anton dengan jumlah share mencapai 9.405″ lanjut Suherlan.

Evello Virality Effect Pilgub Jabar

Meskipun demikian, Suherlan juga menyebutkan bahwa pasangan Ridwan – Uu masih menjadi opinion leader dibandingkan pasangan lainnya. Hal ini terbukti bahwa pemberitaan Ridwan Kamil menjadi pemberitaan tertinggi untuk pasangan lainnya, baik Demiz-Demul dan Sudrajat-Syaikhu.

Seperti diketahui, portal berita Merdeka.com mengangat berita “Ridwan Kamil Disebut Kuasai Pemilih Milenial Dan Nu Di Jabar” pada 9 Februari 2018 menjadi berita dengan share tertinggi di Facebook.

“Tingginya berita tersebut membuat Ridwan Kamil memang masih menjadi opinion leader diantara kandidat pilgub Jabar lainnya. Satu berita dibagikan sebayak 13.977 kali. Jika satu akun memiliki pertemanan sebanyak 100 orang, maka berita tersebut berpotensi dilihat dan dibaca sebanyak 1.397.700 kali.” tutup Suherlan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend